Sukses

Lahar Dingin Kelud Mengalir Deras, Nyaris Sentuh Bibir Jembatan

Alhasil, material vulkanik yang sempat disebutkan mencapai 50 juta meter kubik itu menggelontor ke kaki gunung.

Ancaman lahar dingin material vulkanik Gunung Kelud akhirnya terjadi. Lahar dingin terjadi karena hujan deras mengguyur kawasan puncak Gunung Kelud. Alhasil, material vulkanik yang sempat disebutkan mencapai 50 juta meter kubik itu menggelontor ke kaki gunung.

Pantauan Liputan6.com, arus deras lahar dingin Kelud terlihat mengalir di Kali Konto, Kediri, Jawa Timur, Selasa petang (18/2/2014). Di atas Kali Konto terdapat jembatan yang menghubungkan wilayah Kandangan dan Damarwulan.

Sungai sedalam sekitar 10 meter ini sudah disesaki lahar dingin Kelud. Bahkan, tinggi permukaan air Kali Konto nyaris menyentuh bibir jembatan Kali Konto.

Lahar dingin juga mengancam Bendungan Damarwulan. Bendungan yang memiliki lebar sekitar 50 meter itu sudah dipenuhi material lahar dingin.

Warga pun khawatir jembatan Kali Konto akan roboh akibat hantaman lahar dingin Kelud. Maka itu, warga berinisiatif menutup ruas Jalan Pare yang melintas di atas jembatan Kali Konto.

"Kalau airnya terus nambah, wilayah Kandangan bisa kebanjiran lahar dingin karena lokasinya lebih rendah dari kali," ujar Arief warga Damarwulan di lokasi.

Arus deras lahar dingin terjadi karena petang tadi terjadi hujan lebat di beberapa titik. Di wilayah Ngantang sempat terjadi hujan deras sekitar pukul 17.00 WIB. "Bila air terus bertambah, aliran sungai ini sampai ke Jombang," tambah Arief. (Ism/Sss)

Baca juga:

50 Juta Meter Kubik Material Vulkanik Masih Ada di Puncak Kelud
SBY Minta Pengungsi Kelud Belajar dari Sinabung
Kondisi Puncak Gunung Kelud Setelah Meletus Dahsyat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini