Sukses

Abu Kelud Belum Bersih, Bandara Adi Soemarmo Solo Batal Dibuka

Proses pembersihan abu letusan Gunung Kelud yang menutupi landasan pacu belum selesai.

Bandara Adi Soemarmo Solo batal dibuka untuk kegiatan penerbangan pada Rabu (18/2/2014) pagi. Lantaran proses pembersihan abu letusan Gunung Kelud yang menutupi landasan pacu belum selesai.

Pembukaan bandara dipastikan akan dilakukan pada Rabu 19 Februari besok sekitar pukul 07.00 WIB.

Asisten Manager Operasi Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Tri Rahayu Hastuti mengatakan, proses pembersihan di landasan pacu bandara belum selesai. Hingga Senin malam proses pembersihan di landasan pacu sepanjang 2.600 meter itu baru mencapai 70 persen.

"Hari ini insya Allah pembersihan yang masih menyisakan 30 persen akan diselesaikan. Pokoknya hari ini final recovery pembersihan abu supaya pada hari Rabu pagi besok sudah bisa dibuka kembali," jelas dia di Solo.

Hujan abu hasil letusan Gunung Kelud pada Jumat lalu, selain menutup landasan pacu, juga menutup taxi way dan apron bandara. Bahkan, menurut Rini ketebalan abu yang menutupi area bandara cukup lumayan.

"Di taxi way dan apron masih tertutup abu tebal, doain hari ini bisa selesai semua pembersihannya," katanya.

Pembersihan abu di bandara ini, ungkap Rini, selain mengerahkan petugas bandara, juga mendapat bantuan dari pasukan TNI AU Lanud Adi Soemarmo Solo. Jumlah personel TNI AU yang dikerakan mencapai 600 orang.

Tak hanya itu, pembersihan abu juga mendapatkan bantuan kendaraan pemadam kebakaran dari Solo dan Boyolali. "Mobil damkar yang dikerahkan dari Solo ada 2 unit, sedangkan dari Boyolali ada 3 unit," ungkap Rini. (Mut)

Baca juga:

Tertutup Abu Kelud, Bandara Adisucipto DIY Rugi Rp 2 M

Bandara Ditutup, Kiriman Barang via Pos Terlambat

Menhub: Bandara Adi Sutjipto dan Adi Sumarmo Dibuka Besok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini