Sukses

[VIDEO] BMKG: Hujan Akan Guyur Kelud, Waspada Lahar Dingin!

Pascaletusan Gunung Kelud, banjir lahar dingin perlu diwaspadai. Beberapa hari ke depan diperkirakan hujan akan mengguyur Kelud.

Pascaletusan Gunung Kelud pada Kamis malam 13 Februari silam, kini banjir lahar dingin perlu diwaspadai. Menurut Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Achmad Zakir, dalam beberapa hari ke depan, hujan diperkirakan akan mengguyur Kelud.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (15/2/2014), banjir lahar dingin jelas membahayakan. Material lahar dingin bakal menerjang sungai dan permukiman di sekitarnya.

Achmad Zakir menjelaskan pula, saat ini sebaran abu vulkanik menuju wilayah barat. "Angin bergerak dari timur ke barat," imbuh Achmad.

Tak hanya Jawa Timur dan Jawa Tengah, sebaran debu letusan Gunung Kelud juga menerpa beberapa kota di Jawa Barat, seperti Bandung dan Purwakarta.

Lebih jauh Achmad mengatakan, Surabaya termasuk daerah terkena imbas akibat letusan Kelud yang melontarkan jutaan meter kubik abu vulkanik dan pasir setinggi 17 kilometer. Pergerakan abu sempat mengumpul di Jawa Timur. Tapi menurut Achmad, pergerakan angin cukup membantu membuyarkan awan debu vulkanik. (Ans/Sss)

Baca juga:

Bandara Ahmad Yani Semarang Dibuka, Hanya Melayani Rute Tertentu
[VIDEO] Bandara Juanda Surabaya Dibuka Sore Ini
[VIDEO] Khawatir Harta dan Ternak, Pengungsi Kelud Nekat Pulang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini