Sukses

[VIDEO] Abu Kelud Masih Selimuti Bandara, Calon Penumpang Pasrah

Aktivitas penerbangan di 7 bandara di Jateng dan Jatim, masih ditutup karena abu letusan Kelud. Calon penumpang pasrah.

Abu letusan Gunung Kelud, hingga menjelang siang tadi masih menutupi landasan pacu Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Pesawat-pesawat juga tak luput diselimuti abu. Akibat debu vulkanik Gunung Kelud yang meletus pada Kamis malam 13 Februari silam, jarak pandang masih sangat terbatas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (15/2/2014), belum ada kepastian penerbangan dinyatakan aman. Sejumlah penumpang yang kemarin gagal berangkat, hari ini kembali tidak bisa terbang. Sebagian memilih menguangkan kembali tiket mereka, sisanya memilih menjadwalkan ulang penerbangan.

Petugas Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, terpaksa meminta maaf kepada penumpang. Sebab, sepanjang Sabtu ini, Adisutjipto masih ditutup untuk semua penerbangan. Penumpang yang terlanjur datang ke bandara tidak dapat menyembunyikan kekecewaan mereka. Faktor bencana membuat mereka hanya pasrah.

Jika tidak menjadwalkan ulang penerbangan, penumpang bisa menguangkan kembali tiket mereka. Pengelola Bandara Adisutjipto juga belum bisa memastikan kapan penerbangan kembali normal.

Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, mulai dibersihkan. Setelah dibersihkan, bagian-bagian pesawat ditutupi agar tidak kemasukan abu vulkanik.

Pembersihan tidak menggunakan air karena bisa merusak pesawat. Selain itu, petugas membersihkan landasan pacu. Kendati pembersihan mulai dilakukan, penerbangan di bandara tersebut masih ditutup akibat letusan Gunung Kelud. (Ans/Sss)

Baca juga:

7 Bandara Masih Ditutup, Abu Kelud Mengarah ke Barat Sumatera
Bandara Adi Sumarmo Solo Mulai Dibersihkan dari Abu Kelud
Muntahan Abu Gunung Kelud Sudah Sampai Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.