Hujan Abu Kelud, Bandara Husein Sastranegara Tutup Hingga Sabtu

Oleh Tan pada 15 Feb 2014, 03:30 WIB
Diperbarui 15 Feb 2014, 03:30 WIB
bandara-bandung-140214d.jpg
Perbesar
PT Angkasa Pura II memutuskan penutupan Bandara Husein Sastranegara di Bandung diperpanjang hingga Sabtu 15 Februari 2014 esok. Dari yang semula dijadwalkan akan dibuka. Hal itu dilakukan akibat masih belum berhentinya aktivitas abu vulkanik Gunung Kelud.

"Penutupan Bandara Husein Sastranegara, Bandung diperpanjang dari hari ini (Jumat) pukul 18.00 WIB hingga esok pukul 06.00 WIB akibat aktivitas Gunung Kelud," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Daryanto, Jumat (14/2/2014).

Untuk itu, Daryanto menyarankan calon penumpang yang memiliki tiket penerbangan dengan jadwal keberangkatan pada saat bandara ditutup agar dapat berkoordinasi dengan maskapai terkait.

Proses refund (pengembalian biaya) tiket atau penjadwalan ulang penerbangan, jelas Daryanto, dapat dilakukan di kantor penjualan tiket maskapai bersangkutan. Tidak perlu ke Bandara Husein Sastranegara. Pihak bandara juga akan mengembalikan biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara atau PJP2U.

"Kami sarankan kepada calon penumpang yang penerbangannya dibatalkan agar tidak perlu ke Bandara Husein Sastranegara," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyatakan sebanyak 7 bandara termasuk Bandara Husein Sastranegara ditutup sementara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti menyatakan, Bandara Husein Sastranegara ditutup sementara hingga tanggal 14 Februari pukul 18.00 WIB sore ini. Namun, Dirjen Perhubungan Udara menyatakan bahwa kondisi penetapan 7 bandara itu juga masih bisa berubah, karena tergantung dengan aktivitas kondisi ketinggian abu vulkanis yang masih menyebar.

Total, penerbangan yang dibatalkan di Bandara Husein Sastranegara pada Jumat adalah sebanyak 39 penerbangan, dari total 74 penerbangan yang dijadwalkan.
    
Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara diantaranya ke Surabaya, Yogyakarta, Medan, Denpasar, Banjarmasin, Kuala Lumpur, dan Singapura. (Tnt/Mhs)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, 6 Bandara Ditutup dan KA Terlambat
Dampak Erupsi Gunung Kelud, 43 Penerbangan dari Bali Dibatalkan
Hujan Abu Kelud... Kecelakaan di Kebumen, Bandara Cilacap Tutup
Gunung Kelud Meletus, Wings Air Batalkan Dua Penerbangan
Lion Hentikan 90 Penerbangan Akibat Gunung Kelud Meletus
Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud