Sukses

Rusak BKTB, Puluhan Sopir Angkot Digelandang

Hingga kini sedikitnya 5 mobil KWK diamankan dan 30 orang digelandang untuk dimintai keterangan.

Beroperasinya Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) ternyata tidak berjalan mulus. Baru 3 hari beroperasi, penolakan demi penolakan terus berdatangan dari sejumlah sopir angkot Koperasi Wahana Kalpika (KWK) yang dilintasi BKTB tersebut.

Para supir bus KWK U-11 jurusan Muara Baru-Muara Angke, B-01 jurusan Grogol-Muara Angke, dan B-02 jurusan Kota-Muara Angke merusak 3 mobil BKTB di tiga lokasi berbeda di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.‬

Kapolsek Penjaringan, AKBP Suyudi AS juga membenarkan adanya kejadian tersebut. Suyudi menjelaskan pengrusakan BKTB terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

"Iya benar sekitar pukul 13.30 ada pengerusakan bus BKTB di Heaven dekat Polsek Penjaringan, Pluit Selatan dan pintu keluar Pantai Indah Kapuk," kata Suyudi ketika dihubungi wartawan, Selasa (11/2/2014).‬

Suyudi menjelaskan hingga kini sedikitnya ada 5 mobil KWK yang diamankan dengan 30 orang yang ikut di dalamnya guna dimintai keterangan lebih lanjut mengenai pengerusakan tersebut.

"Para sopir yang kita amankan sementara itu diduga melakukan pengrusakan dengan memecahkan kaca BKTB menggunakan batu," tambah Suyudi.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku geram dengan ulah para sopir tersebut. Dirinya pun tak segan-segan untuk memidanakan para perusak tersebut karena sudah melakukan tindak kriminal.

Saya udah suruh foto siapa orangnya, dilaporin polisi aja udah. Emang mau pakai kriminal kayak preman gitu? Kalau mau lebih jagoan, kamu stop semua motor dan taksi, supaya semua orang terpaksa naik angkot kamu," tegas Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Ia menjelaskan, pangsa pasar BKTB dan angkot KWK sangat berbeda. BKTB lebih menyasar warga kalangan kelas menengah atas yang lebih mampu. Terbukti dengan tarifnya yang lebih tinggi senilai Rp 6.000. Sedangkan tarif angkot lebih murah yaitu Rp 3.000. Sehingga ia mengatakan para sopir tak perlu takut penumpangnya hilang. (Ali)

Baca juga:

BKTB Dirusak Sopir Angkot, Jokowi: KWK Besok Saya Datangi
Rusak 4 BKTB, Puluhan Sopir Angkot Juga Aniaya Pengemudi
Baru Beroperasi, BKTB Dirusak Puluhan Sopir Angkot di Tambora
Soal Bus Karatan dan Rusak, Jokowi: Nunggu Laporan Lapangan
Bus Transjakarta Karatan, Ahok: Kadishub Mungkin Dipindahkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini