Simulasi Demo Pemilu Besok, Arah Bundaran HI <i>Contra Flow</i>

Oleh Moch Harun Syah pada 06 Feb 2014, 15:59 WIB
Diperbarui 06 Feb 2014, 15:59 WIB
contra-flow-tol-130918b.jpg
Perbesar
Kepolisian membuat simulasi pengamanan demo Pemilu 2014 di depan Bawaslu pada 7 Februari 2014 besok. Oleh karena itu, arus lalu lintas dan lawan arus atau contra flow akan diberlakukan di Jalan MH Thamrin menuju kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

"Pada dasarnya tidak ada jalan yang yang ditutup, sifatnya hanya pengalihan arus," kata Dirlantas Polda Metro Jaya R Nurhadi, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Dalam simulasi besok, massa protes terhadap keputusan Bawaslu. Dan saat massa yang berunjuk rasa masih normal atau tidak anarki, kendaraan masih bisa melintas di depan kantor Bawaslu. Tetapi, jika keadaan berubah menjadi kisruh, lajur tersebut akan ditutup.

"Ada 4 lajur dan 2 lajur dapat dilintasi kendaraan. Nanti kalau skenario sudah berubah menjadi chaos, lajur itu akan ditutup dan mulai contra flow," tambah Nurhadi.

Penggunaan 2 lajur dari arah Selatan yaitu Sudirman menuju Sarinah atau Kota dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Sementara untuk contra flow akan dimulai sekitar pukul 10.00-10.30 WIB. Nantinya, sistem lawan arus, kendaraan masuk di depan Hotel Pullman dan menggunakan 2 lajur.

Kendaraan roda 2 atau roda 4 akan keluar setelah lewat gedung Bawaslu atau perempatan lampu merah Sarinah. Dalam simulasi itu, Polda Metro jaya juga menyertakan water canon. Simulasi itu akan selesai sekitar pukul 11.00 WIB. (Mvi/Ism)


Baca juga:

Bundaran HI Ditutup Besok, Bawaslu Panen Protes
Simulasi Amankan Bawaslu, Lalu Lintas HI Dialihkan Besok
DPT 185,6 Juta Segera Ditetapkan