Sukses

Cegah Tol Merak Tenggelam, Rano Karno Bangun Waduk di Banten

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan akan membuat waduk di wilayah Banten Selatan untuk cegah tenggelamnya Jalan Tol Jakarta-Merak.

Wacana sodetan Kali Ciliwung-Cisadane batal dilakukan Pemprov DKI dan Pemprov Banten. Kini Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan akan membuat waduk di wilayah Banten Selatan.

"Waduk Karian prioritas utama. Sangat penting bagi Provinsi Banten untuk pengendalian banjir. Jika tidak dilaksanakan, tol akan tenggelam. Kuncinya ada di situ," tutur Rano Karno di depan kantornya, Serang, Banten, Selasa (28/1/2014).

Pembangunan waduk di wilayah Lebak itu untuk mengendalikan banjir yang menggenangi Provinsi Banten. Rano menjelaskan, pembangunan waduk itu merupakan proyek pemerintah pusat.

"Tapi ini program pemerintah pusat. Dari luas 127 ribu hektar sudah 800 hektar dibebaskan lahannya," ujar 'Si Doel'.

Rencana pembangunan Waduk Karian ini sudah 6 tahun terbengkalai, semenjak 2007. Letak persoalannya pada pembebasan lahan yang tak kunjung selesai. "Tidak ada koordinasi antara BPN (Badan Pertanahan Nasional) dengan masyarakat dan perhutani," jelas Rano. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.