[VIDEO] Pasokan Terhambat Banjir, Harga Beras Pasar Cipinang Naik

Oleh Liputan6 pada 22 Jan 2014, 15:35 WIB
Diperbarui 22 Jan 2014, 15:35 WIB
beras-distribusi130719b.jpg
Perbesar
Harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, mengalami kenaikan. Seluruh agen di pasar beras ini menjual satu karung beras lebih mahal, yakni Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu untuk semua jenis beras, atau Rp 300 hingga Rp 500 per kilogram.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (22/1/2014), kenaikan harga tak hanya beras. Harga sayur mayur dan sejumlah bahan pokok turut naik.

Kenaikan harga menyusul terhambatnya pasokan beras dari Jawa Barat dan Jawa Tengah akibat banjir di kawasan pantai utara Pulau Jawa atau Pantura. Kenaikan harga di tingkat agen itu diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Banjir juga membuat distribusi sayur dan bahan pangan lain terhambat, sehingga harga naik. Di Pasar Pesing Koneng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, misalnya. Kenaikan yang paling signifikan terjadi pada kacang panjang. Biasanya kacang panjang dijual per ikat seharga Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu. Namun, saat ini, kacang panjang dijual dengan harga Rp 15 ribu hingga Rp 18 ribu per kilogram.

Para pedagang dan warga berharap musibah banjir bisa segera usai. Dengan demikian, harga bahan pangan kembali turun dan stabil. (Ans/Mut)

Baca juga:
99 Kelurahan di Jakarta Masih Kebanjiran
Banjir Rawajati Mulai Surut, Masih Setinggi 3 Meter
Banjir Rendam 56 Sekolah di Jakarta Utara