Sukses

Rawajati Masih Banjir, Kendaraan Kalibata-Cililitan Nyaris Lumpuh

Kemacetan ini diperkirakan mulai terurai hingga tengah malam.

Banjir yang melanda Kelurahan Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan sejak Jumat 17 Januari petang belum juga surut hingga kini. Bahkan, ketinggian air semakin naik dari 3 meter menjadi 5 meter saat ini. Jalan Kalibata-Cililitan yang biasa dilalui 2 jalur itu kini hanya 1 jalur. Akibatnya, antrean kendaraan di jalan flyover mencapai 1 kilometer.

Bahkan, seperti pantauan Liputan6.com, Selasa (21/1/2014) petang, ribuan kendaraan hampir tak bergerak atau nyaris lumpuh. Namun dari arah sebaliknya, arus lalu lintas terpantau lengang.

Petugas kepolisian Polsek Pancoran Brigadir Pol Suratno yang bertugas mengatur lalu lintas di lokasi mengatakan, sejak Senin 20 Januari kemarin, kemacetan memang lebih parah dari biasanya.

"Wah dari siang ini nggak bergerak, parah sekali macetnya sudah 1 kilometer dari arah Makam Pahlawan dan bisa terus memanjang," kata Suratno.

Menurut Suratno, pihaknya sudah mengalihkan arus lalu-lintas dari arah Kalibata. Akan tetapi, masyarakat enggan mematuhinya. "Kami itu sudah membuat pengalihan jalur sebelum Stasiun Kalibata belok ke kiri ke arah Pengadegan tembus ke Jalan MT Haryono dan Jalan Gatot Subroto, tapi bandel susah dibilangin."

"Ya jadinya begini nih, hampir lumpuh jalurnya," sambungnya.

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan yang akan melalui flyover Kalibata menuju Cililitan atau Jalan Dewi Sartika Cawang, agar memilih jalur alternatif lain. "Ini bisa sampai tengah malam macet totalnya, masyarakat ambil jalur lain saja ya biar nggak kejebak macet," imbau Suratno. (Rmn/Sss)

Baca juga:

Tak Ada MCK, Korban Banjir Rawajati Numpang ke Rumah Warga
[VIDEO] Rawajati Kembali Terendam
Banjir Kampung Pulo Naik Lagi Jadi 4 Meter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.