Sukses

Kali Bekasi Meluap, 7 Rumah Hanyut

Setidaknya 7 rumah di bantaran Kali Bekasi, Bekasi Utara, Kota Bekasi, roboh dan hanyut akibat abrasi. 10 KK yang jadi korban mengungsi.

Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Bekasi, Jawa Barat sejak pagi membuat air kali Bekasi meluap hingga 10 meter. Akibatnya rumah-rumah di pinggir kali roboh akibat tergerus air.

Data yang dihimpun Liputan6.com, sedikitnya ada 7 rumah warga di Kampung Pondok Panjang, Telukpucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, roboh akibat longsor kali Bekasi. Bahkan puluhan warga kini mengungsi lantaran khawatir longsor susulan akan terjadi merobohkan rumah mereka.

Ketua RT setempat, Mustajab menuturkan, kejadian berawal sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya ada 3 rumah longsor dan materialnya hanyut terbawa arus. "Namun tak lama berselang, warga kembali dikagetkan dengan gemuruh kencang 4 rumah yang ambruk dan longsor hanyut terbawa derasnya kali Bekasi," kata Ketua RT setempat, Mustajab di Bekasi, Jum,at (17/1/2014).

"Total rumah yang roboh ada 7, dan dikhawatirkan akan bertambah karena batas kali dengan rumah warga yang awalnya 5 meter kini hanya 50 centimeter," ujarnya.

Budi salah satu warga yang rumahnya roboh menuturkan, saat longsor ia dan istri sedang berada diteras rumah. Tiba-tiba ia mendengar suara gemuruh kencang. "Perasaan saya sudah nggak enak, ternyata benar. Rumah saya roboh hanyut," ujar pria yang sudah menempati rumah selama 18 tahun itu.

Meski tak merenggut korban jiwa, 2 ekor kambing milik warga ikut hanyut bersama rumah, dan kerugian warga ditaksir hingga ratusan juta rupiah. Sementara dinas pemerintah terkait tak kunjung datang meninjau maupun memberi bantuan ke warga.

Baca Juga:
Jalan SPBU Yos Sudarso Ambrol, Ratusan Warga Sulit Keluar Rumah
Tanah Longsor, Warga Jl Pulo Besar III Sunter Terisolir
Tinggi Air Jadi 180 Cm, Bendungan Katulampa Siaga II
Cek di Sini... 6 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Selama Januari
Kelapa Gading Banjir Air, Delman Kebanjiran Rezeki


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini