Sukses

HUT ke-33 Satpam, Kapolri: Polisi Sangat Terbantu

Satuan Pengamanan atau Satpam memperingati hari jadinya ke-33.

Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33 Satuan Pengamanan atau yang lebih dikenal dengan Satpam digelar di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, pukul 07.00 WIB. Upacara ini dihadiri Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno, petinggi kepolisian lain, serta ratusan petugas satpam dari berbagai wilayah di DKI Jakarta.

"Polri kan tidak mampu untuk mengamankan seluruh aktivitas masyarakat, juga tidak mampu mengamankan semua tempat, jadi dengan adanya satpam ini sangat membantu kepolisian, terutama dalam hal pengamanan," ujar Kapolri Jenderal Polisi Sutarman usai menghadiri upacara tersebut, Jumat (17/1/2014).

Sutarman menjelaskan, pembinaan, pelatihan, dan penggunaan satpam berada di bawah kendali operasional Kepolisian RI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002. Dalam UU itu disebutkan fungsi kepolisian dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia, juga dilakukan oleh kepolisian terbatas serta satuan pengamanan swakarsa.

"Nah, Satpam ini merupakan penghijauan dari UU 2/2002," kata Sutarman.

Oleh karenanya, Sutarman merasa pihak kepolisian harus mendidik menyiapkan dan merekrut para Satpam agar siap bekerja di mana pun.

"Seperti mungkin pemukiman akan membutuhkan satpam, kemudian kita akan membantu rekruitmennya. Sehingga saat dia sudah dididik oleh Polri, dia mengetahui tugas-tugas kepolisian, sehingga mampu mengamankan lingkungan pemukiman, lingkungan perusahaan, lingkungan apapun yang dibutuhkan saat itu dari aspek keamanan," jelas Sutarman.

Dalam HUT ke-33 Satpam ini, Sutarman juga menyemangati para Satpam karena mereka merupakan bagian dari Kepolisian RI. (Mvi/Sss)

Baca juga:

Ditembak Orang Tak Dikenal, Satpam di Ciputat Dapat 4 Jahitan
Satpam Hotel di Bali Tewas Dililit Ular Sanca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.