Sukses

Jokowi Jajal Bus Tingkat... `Tabrak` Kabel dan Ranting Pohon

Ketika sampai di depan Jalan Veteran, depan kantor Sekretariat Negara, laju bus sempat terhambat karena menabrak ranting-ranting pohon.

5 Unit bus tingkat wisata atau double decker resmi diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Pria bernama lengkap Joko Widodo itu bahkan menyempatkan diri untuk menjajal bus tingkat produksi China itu.

"Dengan mengucap, bismillahirrahmanirrahim, hari ini Kamis, 16 Januari 2014, peluncuran 5 unit bus city tour dengan ini saya mulai," ujar Jokowi sambil memencet sirene tanda telah diresmikan peluncuran bus itu.

Setelah menekan tombol sirine, Jokowi kemudian langsung menuju ke salah satu bus. Mantan Walikota Solo itu memilih untuk naik bus di tingkat 2 dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Arie Budiman dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Udar Pristono.

Jokowi yang duduk di baris terdepan dan tampak menikmati perjalanan. Sementara laju bus yang berjalan lambat menarik perhatian warga pejalanan kaki ataupun pengendara sepeda motor. Sebagian warga yang melihat Jokowi duduk di tingkat 2 bus tampak melambaikan tangan ke arah mantan Walikota Solo itu. Politisi PDIP tersebut pun membalas lambaian tangan warganya sambil tersenyum.

Sepanjang perjalanan, Jokowi juga mendengarkan penjelasan dari Kadis Pariwisata Arie Budiman mengenai spesifikasi dan rencana pengoperasian bus tingkat itu. Namun, saat melewati depan Jalan Medan Merdeka Barat, tepat di depan Kantor Kementerian Perhubungan, Jokowi sempat dibuat kaget karena bus menabrak sesuatu.

"Itu ada kabel sampai goyang, ngeri saya tadi," kata Jokowi. Atap bus menabrak kabel listrik yang melintang. Untungnya, kabel itu tidak putus. Hanya bergoyang saja saat dilewati bus.

Ketika sampai di depan Jalan Veteran, depan kantor Sekretariat Negara, laju bus sempat terhambat karena menabrak ranting-ranting pohon. Atap bus bahkan sempat berbunyi kencang karena menabrak salah satu batang pohon yang agak besar.

Kraakkk...!!! Karena kaget Jokowi reflek menunduk. Padahal aman terlindungi atap bus.

"Kalau ranting-ranting ini harus tetap dipotong walau tidak terlalu bahaya. Tapi kalau yang kabel itu harus segera diangkat, karena berbahaya kalau dibiarkan," ucap Jokowi.

Kepada Dinas Perhubungan Udar Pristono pun langsung merespons ucapan Jokowi. "Siang ini langsung kita angkat kabelnya pak. Ranting pohonnya juga kita tebang," kata Pristono.

Sampai di Halte depan Balaikota, bus itu pun berhenti, Jokowi memilih turun di depan kantornya itu. Setelah Jokowi dan jajarannya turun, kelima bus itu pun kembali ke Bundaran HI untuk dipamerkan kepada warga Jakarta sebelum dioperasikan pada akhir bulan ini. (Ndy/Sss)

Baca juga:

DKI Tambah 20 Bus Double Decker Tahun Ini
5 Bus Double-Decker Pesanan Jokowi Tiba di Priok
5 Bus Tingkat Baru Bakal Dipamerkan di Monas & Bundaran HI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini