ASEAN dan Cina Mendukung, Australia dan Kanada Menentang

Oleh Liputan6 pada 15 Okt 2000, 18:05 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Seluruh delegasi ASEAN ditambah Cina dalam pertemuan informal pendahuluan IPU bersepakat untuk mendukung resolusi terhadap Israel seperti yang diusulkan Indonesia. Mereka menilai perbuatan yang dilakukan Israel atas Palestina sudah di ambang batas. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR RI Akbar Tandjung, baru-baru ini, di Jakarta.

Menurut Akbar, dukungan tersebut disampaikan mereka, setelah Indonesia dalam pertemuan itu menyampaikan niat untuk mengajukan resolusi untuk Israel pada sidang Antarparlemen Sedunia atau Inter Parlementary Union (IPU) yang akan berlangsung 15-21 Oktober 2000.

Namun, kata Akbar, dukungan itu belum cukup untuk meloloskan usulan resolusi tersebut. Sebab, untuk meloloskan resolusi harus didukung empat per lima suara dari seluruh delegasi yang diperkirakan sebanyak 129 negara. Karena itu, Akbar mengatakan, delegasi Indonesia akan melobi semua delegasi yang hadir untuk beroleh dukungan yang lebih besar. Kendati begitu, peserta parlemen dari Australia dan Kanada jelas-jelas menentang usulan tersebut. Namun, kedua negara tersebut belum mengemukakan alasannya.(AWD/Dyah Kusuma dan Jhony Akbar)

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap