Sukses

[VIDEO] Kota Rentan Banjir di Dunia: Jakarta Peringkat 11

Riset Nature Climate Change September 2013, Jakarta urutan ke 11 dari 136 kota di dunia yang rentan terhadap banjir.

Dalam urusan banjir, Kota Jakarta memang tidak sendirian. Masih banyak kota-kota terkenal lain di seluruh dunia yang rentang terhadap banjir. Dari riset yang dilakukan Nature Climate Change (NCC) pada September 2013, ternyata Kota Jakarta ditempatkan di urutan ke 11 dari 136 kota di dunia yang paling rentan terhadap banjir.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (14/1/2014), hampir semua bagian ibukota pernah kebanjiran, dari tahun ke tahun, Jakarta tak lepas dari banjir. Hampir semua sudut ibukota pernah merasakan banjir termasuk Gedung Landmark Jakarta, Bunderan HI sampai Istana Negara.

Dalam riset yang dilakukan NCC pada september 2013, Jakarta termasuk dalam deretan kota yang paling rentan terhadap banjir. Dari 136 kota yang disurvei, Jakarta mendapat tempat ke 11 di dunia kota yang paling rentan terhadap banjir.

Di urutan pertama ditempati Kota Guanzhou di China, diikuti Kota Mumbai dan Kalkuta di India, diikuti beberapa negara di benua Amerika dan China. Negara Asean Ho Chi Min City, Vietnam berada di peringkat ke-9. Di kota Guangzhou China, jumlah penduduk dan drainase yang buruk membuat bencana banjir yang sering disertai tanah longsor di daerah ini kerap memakan korban jiwa.

Pertengahan tahun lalu, bencana banjir menerjang wilayah ini dan menewaskan sedikitnya 36 orang dan menghancurkan lebih dari 2.600 rumah warga. Sementara banjir besar pernah menewaskan sedikitnya 5.000 orang di Kota Mumbai India pada tahun 2005.

Curah hujan yang sangat tinggi selama 24 jam membuaat warga banyak yang terjebak banjir, kehilangan rumah dan harus menempuh perjalanan kaki dari kantor ke rumah. Curah hujan tinggi menerjang wilayah ini selama kurang lebih 24 jam.

Tetapi dilaporkan kota-kota yang rentan terhadap banjir tengah memperbaiki sistem drainasenya. (Edo/Mut)

Baca juga:
Akibat Banjir 43 Pasien di 2 Rumah Sakit di Bekasi Diungsikan
Hujan Guyur Jakarta Rumah Warga di Pondok Labu Terendam Banjir
Pintu Air Ancol Belum Beroperasi Mangga Dua Banjir 60 cm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini