Sukses

Jakarta Siaga Darurat Banjir, BNPB Siapkan Rp 50 Miliar

BNPB mempersiapkan strategi khusus dengan ditetapkannya status siaga banjir di wilayah Jakarta. Salah satunya dengan memodifikasi cuaca.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan Jakarta saat ini berstatus Siaga Darurat Banjir. Status itu diberlakukan karena sebagian wilayah Jakarta telah lumpuh akibat banjir.

Status itu membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempersiapkan strategi khusus, salah satunya dengan modifikasi cuaca. Sejumlah dana pun telah disiapkan untuk mendukung rencana ini.

"Dana Rp 50 miliar buat ke depan, dan bisa ditambah," kata Ketua BNPB Syamsul Maarif di Kemenenterian Pekerjaan Umum, Jakarta, Senin (13/1/2014).

Ada 3 poin yang akan dilakukan BNPB. Syamsul menjelaskan poin pertama adalah mengelola sumber pencegahan banjir, yakni menambal tanggul-tanggul sungai di Jakarta.

"Kedua, kepengurusan pada pengungsi, pelibatan personel dari SAR, TNI, Polri, berapa untuk evakuasi warga, juga kebutuhan makan di pengungsian dari Kemensos," terangnya.

Poin ketiga, lanjut Syamsul, terkait pengendalian cuacanya akan dilakukan modifikasi cuaca supaya bisa bersahabat dan dapat didistribusikan hujannya tanpa merugikan pihak-pihak lain. "Akan dilakukan besok pagi," tandas Syamsul. (Ado/Ism)

Baca juga:
Pintu Air Manggarai Dicek Tiap 15 menit
Air Surut, Status Bendungan Katulampa Siaga 4
Penyebab Utama Jakarta Selalu Banjir Setiap Tahun
Cek di Sini... Ada 36 Titik Banjir Jakarta
Jakarta Banjir, Posko Parpol Menjamur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini