Sukses

Rusdi Kirana: Saya Gabung PKB Karena Gus Dur

"bagi saya, Gus Dur adalah bapak reformasi yang paling utama," kata Rusdi yang juga bos Lion Air itu.

Bos Lion Air Rusdi Kirana bergabung ke PKB. Pria kelahiran 17 Agustus 1963 yang langsung didapuk sebagai Wakil Ketua Umum itu mengaku tertarik bergabung ke PKB karena kecintaannya kepada sosok Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang tak lain pendiri PKB.

"Saya memilih PKB karena Gus Dur. Bagi saya, Gus Dur adalah bapak reformasi yang paling utama," tegasnya di kantor PKB, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2014).

"Kebangsaan dan pluralisme yang diyakininya, serta kepemimpinannya, Gus Dur membuat saya sebagai anak China, merasa diakui dengan saudara-saudara saya dari etnik lain di negeri ini," tambah dia.

Gus Dur memang merupakan pendiri PKB. Namun saat partai berlambang bola dunia ini pecah, pengadilan menyatakan PKB yang dipimpin Muhaimin sebagai partai yang sah. Gus Dur harus angkat kaki dari partai yang dia dirikan.

Meski demikian, Rusdi menyatakan PKB sebagai tempat yang cocok untuk memperjuangkan visi dan misi perjuangan Gus Dur di bawah bendera Nahdathul Ulama (NU). "Bagi saya, PKB adalah wadah perjuangan politik warga NU dan pelembagaan visi dan misi kebangsaan Gus Dur yang sangat dalam itu," tutur dia.

"Gus Dur dan NU punya nilai khusus buat saya. Oleh karenanya saya ingin melanjutkan cita-cita NU," tambah Rusdi.

Pengumuman Rusdi sebagai Wakil Ketua Umum dilakukan setelah PKB menggelar rapat di kantor DPP. Pengumuman langsung dilakukan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.