Dukun Pengganda Uang Tipu Korban Pakai Jenglot

Oleh Eko Huda Setyawan pada 25 Des 2013, 14:47 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 06:51 WIB
dukun-cabul-ilustrasi-131113c.jpg
Aksi penipuan Supriyanto harus berakhir setelah pria berusia 60 tahun itu dibekuk polisi. Penipuan itu dilakukan Supriyanto dengan mengaku sebagai dukun yang bisa menggandakan uang.

"Ini murni penipuan, sehingga jangan sampai masyarakat percaya, untuk bisa kaya dengan cepat, dengan cara mempercayai seseorang mampu menggandakan uang," kata Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono, di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2013),

Supriyanto dibekuk di rumahnya yang beralamat di Desa Pasir Lor RT 004 RW 003, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa 24 Desember sekitar pukul 22.00 WIB. Penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat laporan dari sejumlah korban.

Aksi penipuan Supriyanto tak hanya dilakukan di Banyumas. Dia juga beraksi di sejumlah daerah seperti Malang Jawa Timur, Purbalingga, Cilacap, dan Bandung.

Dalam aksinya, Supriyanto meminta korban membeli sejumlah sesaji kepadanya, di antaranya minyak gondo mayit, menyan, jenglot, dan batang kuningan. Sesaji itu kemudian dimasukkan ke dalam kotak hitam bersama kertas HVS yang dipotong seukuran kertas.

Supriyanto berjanji guntingan kertas tersebut akan berubah menjadi uang setelah ritual dengan sesaji yang dibeli para korbannya dilakukan. Tapi sampai para korbannya sampai ke rumah, ternyata potongan kertas itu tidak kunjung berubah jadi uang. (Eks/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:
Ratu Mariyuana Corby Dapat Grasi Lima Tahun
Australia Sadap Indonesia, PDIP: Cabut Grasi Corby!
Penyadapan Australia, Menkumham: Corby Tetap Dapat Grasi