Sukses

Koruptor `Pesta` Remisi, Pembunuh Munir Dapat `Bonus` Sebulan

Pollycarpus mulanya diusulkan mendapat 1 bulan remisi, tapi ternyata mendapat 2 bulan potongan hukuman.

Natal tahun 2013 benar-benar menjadi berkah untuk Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir. Lapas Sukamiskin Bandung awalnya mengusulkan Pollycarpus mendapat remisi 1 bulan. Ternyata mantan pilot Garuda Indonesia itu malah mendapat 'bonus' remisi 1 bulan, menjadi 2 bulan.

Selain Pollycarpus, 28 narapidana Sukamiskin lain yang beragama Nasrani juga menerima remisi khusus Natal. Para terpidana kasus korupsi dan pidana umum ini rata-rata diberi korting masa hukuman selama 15 hari hingga 1,5 bulan.

"Remisi khusus Natal diberikan kepada 29 narapidana dari 50 narapidana yang beragama Nasrani," kata Kepala Penjara Sukamiskin Giri Purbadi di Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/12/2013).

Seperti diumumkan Kepala Seksi Registrasi Penjara Sukamiskin Tony, para penerima remisi Natal ini di antaranya adalah Sukotjo S. Bambang yang mendapat remisi 1 bulan. Sukotjo merupakan terpidana kasus simulator SIM.

Ada pula Anggodo Widjojo, terpidana kasus percobaan suap kepada pimpinan KPK. Adik Anggoro Widjojo itu dapat remisi 1,5 bulan. Sementara mantan Jaksa Urip Tri Gunawan mendapat remisi 1,5 bulan, Haposan Hutagalung yang juga mantan pengacara Gayus tambunan mendapat remisi 1 bulan, mantan jaksa Cyrus Sinaga 1 bulan, dan DL Sitorus 1 bulan.

Pantauan Liputan6.com, pengumuman dan pemberian remisi digelar di Gereja Ebenheizer Lapas Sukamiskin sekitar pukul 10.00 WIB. Pemberian berkas remisi diberikan secara simbolis oleh Giri Purbadi kepada Haposan Hutagalung, terpidana 12 tahun penjara dalam kasus suap mafia pajak Gayus Tambunan.

"Para penerima remisi adalah narapidana yang dinilai berperilaku baik selama dipenjara. Mereka yang tidak melakukan pelanggaran apapun, dan aktif dalam berbagai kegiatan di dalam Lapas,"kata Giri seusai acara soal alasan pemberian remisi kepada Polly dan kawan-kawan.

Haposan berterima kasih dirinya bersama 28 pesakitan lain kembali menerima hadiah remisi pada Natal tahun ini. "Saya dan semua yang mendapat remisi Natal di sini tentu senang. Saya kira semua narapidana di tempat lain yang menerima remisi juga merasakan hal yang sama,"kata mantan pengacara Gayus Tambunan itu seusai acara. (Eks/Ism)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:
8.429 Narapidana Dapat Remisi Natal, 161 Napi Langsung Bebas
Pembunuh Munir Diusulkan Dapat Remisi 1 Bulan
Penyadapan Australia, Menkumham: Corby Tetap Dapat Grasi


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini