Ahok Akui `Zero Hole` Jalanan DKI Gagal Dicapai Tahun Ini

Oleh Andi Muttya Keteng pada 18 Des 2013, 11:25 WIB
Diperbarui 18 Des 2013, 11:25 WIB
ahok-buruh-131029b.jpg
Perbesar

Target Pemprov DKI membebaskan jalan-jalan ibukota dari lubang dan kerusakan tidak tercapai tahun ini. Kegagalan itu diakui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Itu susah dicapai karena kita sistem e-katalog kan baru masuk untuk hotmix sama beton," ujar Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, masih banyak laporan titik-titik jalan yang berlubang dan perlu penanganan. Masalah itu tidak dapat segera diselesaikan karena proses pembelian bahan pengaspalan baru dimasukkan ke dalam e-katalog.

Ahok berharap jika sistem pengadaan barang tersebut sudah berjalan baik, maka persoalan lubang jalan bisa ditangani dengan cepat. "Sekarang mau kita ubah, pakai e-katalog. Tinggal panggil orang kerjain. Kalau e-katalog sudah normal jalan, bisa cepat," kata Ahok.

Saat ini, lanjutnya, Pemprov DKI sedang dalam tahap negosiasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) terkait kesesuaian harga hotmix dan beton.

"Jadi tahun depan saya kira target zero hole bisa dicapai dengan sistem anggaran pengadaan e-katalog," kata Ahok.

Ahok telah menandatangani kontrak payung hukum sistem e-katalog bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Kegiatan itu bersamaan dengan peluncuran e-katalog peralatan berat dan bahan pabrikasi, seperti aspal hotmix dan beton readymix yang sudah mulai bisa diakses melalui website.

Dengan adanya sistem tersebut diharapkan, proses tender pengadaan alat berat dan lainnya dapat dikurangi. Sehingga pembelian bisa dengan cepat diselesaikan serta harga yang lebih murah. (Mvi/Ism)

Baca juga:
Ahok: Dinas yang Tak Pakai e-Katalog, Pecat!
Jokowi Mendadak Jadi Sopir Truk Sampah

Jajal e-Catalog, Kadis DKI: Hemat dan Cepat Ketimbang Lelang

Tag Terkait