Sukses

Keliling Markas Brimob, Jokowi Disopiri Komandan Brimob

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi Markas Korps Brimob di kawasan Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Ini yang dilakukannya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi Markas Korps Brimob di kawasan Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Kedatangan Jokowi ke sana untuk melakukan penanaman pohon di dalam area markas Brimob.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (17/12/2013), Jokowi langsung disambut oleh Kepala Korps Brimob Irjen Pol M Rum Murka di gedung utama. Setelah melakukan pertemuan tertutup selama beberapa menit, Jokowi dan Rum kemudian berkeliling area markas Brimob dan mengitari perumahan para anggota Brimob dengan mengendarai sebuah mobil club.

Setelah berputar selama 20 menit, Jokowi kemudian berhenti di area bangunan rumah susun bagi anggota Brimob. Di tempat itulah, kemudian Jokowi dan Rum melakukan penanaman pohon, tepatnya di depan rusun anggota Brimob.

Pada kesempatan itu, Rum pun mengatakan bahwa Jokowi adalah orang pertama yang menanam pohon di area tersebut.

"Kalau Pak Gubernur lihat, di sini belum ada pohon, dan Beliau yang pertama kali menanam pohon di sini," kata Rum.

Mendengar ucapan tersebut, Jokowi tampak sumringah. Mantan Walikota Solo itu kemudian menimpali ucapan Sang Komandan. Ia menuturkan, penanaman pohon itu sangat berpengaruh bagi Jakarta, meski lokasi markas Brimob berada di luar kawasan Jakarta.

"Walau resapannya di sini, tapi apa pun itu tetap ngaruh ke Jakarta. Ini kan tetangga Jakarta," ucap Jokowi.

Menguatkan apa yang disampaikan oleh Jokowi, Rum pun mengungkapkan akan ditanam ribuan pohon setelah simbolisasi oleh sang Gubernur DKI itu. Pohon-pohon tersebut, lanjut Rum, nantinya akan menjadikan kawasan markas Brimob lebih hijau, juga untuk menjadi tempat resapan air.

"Ini buat resapan air, di sini banyak anggota saya dan kami di sini semuanya pakai air tanah. Ini buat satu lagi. Keliling sini hijau semua nanti, ini sudah kasih space untuk kita hutankan," jelas Rum.

Setelah menanam pohon, keduanya lalu menuju ke kolam yang selama ini menjadi tempat penampungan air. Sambil melihat-lihat, Rum pun menjelaskan kepada Jokowi jika pihaknya akan memperluas kolam tersebut.

Setelah sekitar setengah jam berada di kawasan tersebut, Jokowi kemudian kembali ke gedung utama. Namun kali ini Sang Komandan, yang ketika berangkat duduk berdampingan dengan Jokowi di baris tengah, memegang kemudi mobil.

"Pulangnya saya yang jadi sopir, Pak," ujar Rum sambil tertawa. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.