Sukses

Pencuri Mayat Cilacap Ingin Bisa Terbang-Jokowi `Setengah Dewa`

Pencuri mayat di Cilacap ingiin bisa terbang pakai kain kafan. Berita itu menjadi yang terpopuler dari 5 berita.

Resi alias Pamungkas (26), pembongkar makam dan pencuri mayat di areal pemakaman Cilacap, Jawa Tengah, akhirnya dibekuk. Motif pelaku diduga mempelajari ilmu hitam dengan mencuri bagian-bagian tubuh jenazah.

Informasi itu menjadi bagian dari 5 berita terpopuler sepanjang Minggu 15 Desember 2013.

Berikut 5 berita tersebut:

1. Survei Cyrus Network: Jokowi Capres `Setengah Dewa`

Kepopuleran Jokowi dinilai masih moncer untuk menaikkan elektabilitas partai politik lain, di luar PDIP. Karena itu, menurut Direktur Riset Cyrus Network, Eko David Dafianto, hal itu menjadi salah satu fakta bahwa Jokowi adalah capres setengah dewa.

Istilah 'Setengah Dewa' dari Cyrus Network bukan tanpa alasan. Dari hasil survei, Jokowi tidak hanya bisa mengangkat suara PDIP ke titik tertinggi yaitu 60 persen.

Namun, bila Jokowi tidak diusung PDIP dan malah justru resmi menjadi capres partai lain, mantan Walikota Solo itu tetap jawara. Bahkan menaikkan keterpilihan partai tadi.

2. Detik-detik Ospek Maut Renggut Nyawa Mahasiswa ITN Malang

Detik-detik kematian Fikri, mahasiswa ITN Malang yang tewas dalam ospek dituturkan Ketua Paguyuban Mitra Kelola Wanawisata Pantai Goa Cina, Maryono.

Maryono mengaku melihat Fikri ditendang sejumlah senior panitia pada bagian rusuk kiri dan kanan, Kamis 10 Oktober 2013 lalu, sekitar pukul 07.00 WIB. Usai kejadian itu, Maryono mengaku memanggil para panitia yang merupakan senior Fikri.

Dia kemudian memperingatkan agar tak melakukan tindakan kekerasan. Namun peringatan itu diabaikan oleh mereka. Buktinya, Maryono menerima laporan serupa datang dari seorang kawannya yang menyebut masih adanya aksi kekerasan dari panitia.

3. Getirnya Hidup Mbah Slamet sang Masinis `Tragedi Bintaro I`

Kecelakaan antara kereta commuterline dengan truk pengangkut BBM di pintu perlintasan Teluk Bitung, Bintaro, Jakarta Selatan mengingatkan kita akan kisah pilu Tragedi Bintaro I pada 1987 silam.

Meski 26 tahun telah berlalu, namun masinis Kereta Api 225, Slamet Suradio, masih ingat dengan jelas detik-detik peristiwa nahas yang dialaminya. Sejak kecelakaan yang menewaskan sekitar 156 penumpang itu, kakek 76 tahun tersebut berubah hampir 180 derajat, getir dan pilu.

4. Kajari Praya dan Wanita Penyuap Dibekuk KPK di Dalam Kamar Hotel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Subri, Kepala Kejaksaan Negeri Praya, Nusa Tenggara Barat, dan seorang wanita berinisial LAR dari pihak swasta. Barang bukti yang disita berupa tumpukan uang dolar dan rupiah yang totalnya senilai Rp 219 juta.

Keduanya diringkus di sebuah kamar hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat NTB. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang didampingi Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung Ajat Sudrajat menerangkan, LAR adalah pihak swasta yang diduga sebagai penyuap Kepala Kejaksaan Negeri Praya, NTB itu.

5. Pencuri Mayat Cilacap Ingin Terbang Pakai Kain Kafan

Pencuri 2 mayat di dua makam Cilacap, Jawa Tengah, akhirnya dibekuk. Pelaku, Resi alias Pamungkas (26) diduga melakukan hal itu lantaran ingin mempelajari ilmu hitam.

"Dari keterangan pelaku, dia mencari organ tubuh jenazah sesuai dengan hari kematiannya. Dengan ilmu itu dia berharap menggunakan kain kafan untuk bisa terbang," ujar Kapolres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Andry Triaspoetra.

Ada 3 makam yang dibongkar pelaku. Dari ketiga itu, jenazah salah satu bayi kembar prematur atas nama Yuliana hilang. Yuliana meninggal pada 15 November 2013. Pencurian pada 7 Desember 2013 itu terjadi di Tempat Pemakaman Umum Cikento, Kelurahan Gunung Simping, Kecamatan Cilacap Tengah.

Sedangkan jenazah milik Endah Setyowati yang berada di Tempat Pemakaman Umum Sabuk Canur, hilang bagian tengkoraknya. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.