[VIDEO] Dalami Kerusuhan Lapas Palopo, Polisi Olah TKP

Oleh Rochmanuddin pada 15 Des 2013, 19:23 WIB
Diperbarui 15 Des 2013, 19:23 WIB
olah-tkp-lapas-131215-c.jpg
Perbesar
Tim identifikasi Polres Palopo mulai melakukan identifikasi lokasi pembakaran di Lapas Kelas II A, Palopo, Sulawesi Selatan. Sejumlah ruangan yang terbakar pun diperiksa, termasuk ruangan penyimpanan senjata sipir lapas. Diduga sejumlah senjata milik sipir hilang saat kejadian kerusuhan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (15/12/2013), pemeriksaan tim identifikasi Polres Palopo untuk sementara fokus kepada sejumlah bangunan yang terbakar, termasuk beberapa ruangan sipir dan gudang senjata.

Tim identifikasi mencari lokasi pertama yang terbakar dan mencari bahan penyebab kebakaran. Tampak sejumlah dokumen yang belum terbakar habis, termasuk sarung senjata milik lapas yang isinya telah hilang.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menegaskan, kerusuhan di Lapas Palopo bukan karena kapasitas berlebih, tapi karena seorang narapidana tak menerima hukuman indisiplinernya.

Pada Sabtu 14 Desember kemarin, para napi di Lapas Kelas II A Palopo menghancurkan dan membakar sejumlah barang. Dalam kerusuhan ini, Kalapas Sri Pamudji sempat menderita luka tikam yang dilakukan seorang napi. (Rmn)
 
Baca juga:
Menkumham: Provokator Rusuh Lapas Palopo Harus Dihukum