Sukses

Jokowi Gelar Kirab, Ruas Jalan Ini Ditutup Mulai Pukul 14.00

Iring-iringan 80 kereta kerajaan dari keraton nusantara maupun mancanegara siap memanjakan mata.

Sempatkan diri Anda menyaksikan kirab budaya, salah satu bagian acara dari Festival Agung Keraton se-Dunia 2013 (World Heritage Festival) yang digelar Pemprov DKI Jakarta petang nanti. Iring-iringan 80 kereta kerajaan dari keraton nusantara maupun mancanegara siap memanjakan mata.

Apalagi Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wagub Ahok bakal menjelma menjadi Pangeran Jayakarta. Kirab budaya bakal digelar hari ini, Minggu (8/12/2013), sejak pukul 15.00-18.00 WIB. Sejumlah akses jalan Ibukota bakal ditutup dan dialihkan mulai pukul 14.00 WIB.

Beberapa ruas jalan yang akan ditutup antara lain, Jalan Medan Merdeka Timur (gerbang Monas Timur Laut sampai simpang Jalan Medan Merdeka Utara), Jalan Medan Merdeka Utara (sisi utara dan selatan), Jalan Medan Merdeka Barat (sisi barat dan timur), dan Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan, kecuali bagi yang menuju Sekretariat Wakil Presiden dan Kedubes Amerika Serikat).

Kemudian, Jalan Majapahit (sisi timur) dan Jalan Budi Kemuliaan yang menuju bundaran air mancur atau patung kuda (kecuali yang menuju RS Budi Kemuliaan dan Bank Indonesia). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono memprediksi, pembukaan kembali sejumlah jalan itu dilakukan sekitar pukul 18.00 WIB.

"Penutupan jalan ketika rombongan kirab melintas bersifat situasional buka tutup," kata Pristono, Jumat 6 Desember lalu.

Sementara itu, Pemprov DKI juga menyediakan 4 alternatif pengalihan lalu lintas dari penutupan jalan-jalan di atas. Pertama, pengalihan utara-selatan. Untuk pengalihan ini, kendaraan dari arah Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin, dialihkan melalui Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon.

Sedangkan untuk pengalihan kedua yakni selatan-utara. Pada pengalihan ini, kendaraan dari arah Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin yang akan menuju Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk akan dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan- alan Abdul Muis-Jalan Majapahit. Jalan Budi Kemuliaan akan diberlakukan satu arah mulai dari timur ke barat.

Untuk pengalihan ketiga, yakni pengalihan barat-timur. Kendaraan dari arah Jatibaru yang akan menuju Tugu Tani dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

Rute pengalihan terakhir yakni dari timur ke barat. Kendaraan dari arah Tugu Tani yang akan menuju Jatibaru akan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto.

Sedangkan rute pawai Kirab Budaya, yakni melintasi gerbang Monas Timur Laut-Medan Merdeka Utara-Medan Merdeka Barat-Medan Merdeka Selatan-gerbang Monas Tenggara. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini