Sukses

Kirab Budaya di Monas 8 Desember, Cek Pengalihan Rutenya

Kirab Budaya di Festival Agung Keraton Sedunia atau World Heritage Festival 2013 akan menutup jalan. Cek rute yang ditutup berikut ini:

Festival Agung Keraton Sedunia atau World Heritage Festival 2013 digelar pekan ini. Dalam rangkaian acara itu, juga diselenggarakan Kirab Budaya pada Minggu 8 Desember. Rencananya akan dimulai pukul 15.00-18.00 WIB.

Untuk mendukung acara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan akan melakukan penutupan jalan beserta pengalihan lalu lintas.

"Rute pawai Kirab Budaya melintasi gerbang Monas Timur Laut - Medan Merdeka Utara - Medan Merdeka Barat - Medan Merdeka Selatan - finish gerbang Monas Tenggara," ujar Pristono di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Adapun beberapa ruas jalan yang akan ditutup antara lain: Jalan Medan Merdeka Timur (gerbang Monas Timur Laut sampai simpang Jalan Medan Merdeka Utara), Jalan Medan Merdeka Utara (sisi utara dan selatan), Jalan Medan Merdeka Barat (sisi barat dan timur), Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan, kecuali bagi yang menuju Sekretariat Wakil Presiden dan Kedubes Amerika Serikat), Jalan Majapahit (sisi timur), dan Jalan Budi Kemuliaan yang menuju bundaran air mancur atau patung kuda (kecuali yang menuju RS Budi Kemuliaan dan Bank Indonesia).

Pada ruas Jalan Medan Merdeka Utara, penutupan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB untuk mensterilkan lokasi dari kendaraan bermotor serta mendukung persiapan acara. Penutupan tersebut diperkirakan akan berakhir dan dibuka kembali pada pukul 18.00 WIB

"Penutupan jalan ketika rombongan kirab melintas bersifat situasional buka tutup. Kendaraan bermotor dilarang melintas pada jalur itu," ucap Pristono.

Sementara, ada 4 alternatif pengalihan lalu lintas dari penutupan jalan itu. Pertama, pengalihan utara-selatan.

"Di mana kendaraan dari arah Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin, dialihkan melalui Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gedung Kesenian - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - dan seterusnya," jelasnya.

Kedua, pengalihan selatan-utara. Kendaraan dari arah Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin yang akan menuju Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk.

"Dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - dan seterusnya. Sedangkan Jalan Budi Kemuliaan akan diberlakukan satu arah mulai dari timur ke barat," urainya.

Ketiga, pengalihan barat-timur. Kendaraan dari arah Jatibaru yang akan menuju Tugu Tani dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

"Dan terakhir pengalihan timur-barat, di mana kendaraan dari arah Tugu Tani yang akan menuju Jatibaru akan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Veteran - Jalan Suryapranoto - dan seterusnya," papar Pristono.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan dan mematuhi rambu lalu lintas," pungkas Pristono. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.