Sukses

Jokowi Undang Raja-raja Nusantara dan Dunia, DKI Siapkan Rp 20 M

Dana itu diambil dari APBD DKI Jakarta tahun 2013.

Jokowi menggelontorkan dana Rp 20 miliar untuk menggelar World Royal Heritage Festival yang akan dihadiri para raja dan pemangku adat se-Indonesia dan sejumlah negara pada 5-8 Desember mendatang. Dana itu diambil dari APBD DKI Jakarta tahun 2013.

"Anggarannya Rp 20 miliar di ambil dari APBD 2013. Saya rasa dengan jumlah segitu sudah cukup untuk membiayanyi acara tersebut," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman di Balaikota, Jakarta, Selasa, (3/12/2013).

Selain mengandalkan APBD, dana penyelenggaraan juga berasal dari para peserta festival. Namun Arie enggan menyebutkan berapa biaya yang dikenakan untuk tiap kerajaan yang hadir.

Arie menjelaskan, pagelaran ini akan diikuti 169 kerajaan, Kasunanan Saoraja, Pura, serta lembaga adat dari seluruh Indonesia. Turut pula 11 kerajaan dari negara lain.

"Sebelas kerajaan tersebut dari negara Malaysia, Singapura, Filipina, Norwegia, Swedia, Jepang, Brunei, Inggris, Portugal, Afrika Selatan, dan Denmark," kata Arie.

Dalam pagelaran yang dipusatkan di Silang Monas itu, para peserta akan memamerkan kekayaan warisan budaya masing-masing. Kegiatan ini bertujuan membangun brand kota Jakarta sebagai kota budaya dan mempererat hubungan persahabatan antara kerajaan nusantara dan kerajaan-kerajaan yang berada di negara lain. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini