Sukses

Ribuan Buruh Blokir Tol Ciujung, Merak-Jakarta Lumpuh

Kemacetan mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB hingga saat ini.

Lebih dari 5.000 buruh dari berbagai aliansi memblokir jalan Tol Ciujung, Serang, Banten. Akibatnya, arus lalu lintas baik dari arah Serang ke Jakarta dan sebaliknya lumpuh. Kendaraan di kedua arah tidak dapat bergerak dan terjebak.

Seperti pantauan Liputan6.com, Selasa (3/12/2013), buruh mulai memblokir jalan tol Ciujung sekitar pukul 05.00 WIB. Awalnya mereka akan berunjukrasa di Kantor Bupati Serang di Kota Serang, namun massa membatalkan.

Buruh memblokir jalan menggunakan beton medium jalan. Mereka menggeser beton medium jalan ke tengah jalan tol. Selain berorasi, mereka juga membakar beberapa ban di tengah jalan tol.

Akibat aksi pemblokiran ini, kemacetan panjang tidak dapat terhindarkan. Kemacetan dari arah Ciujung menuju ke pintu tol terjadi kemacetan sekitar 5 kilometer. Sementara dari arah Jakarta yang akan menuju ke Ciujung mengalami kemacetan sekitar 10 kilometer. Kemacetan ini mulai terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Selain kendaraan pribadi, banyak juga kendaraan angkutan kota dan kendaraan berat seperti truk dan kontainer yang keluar masuk kawasan yang terjebak.

Seperti aksi sebelumnya sebelumnya, buruh menuntut Pemerintah Kabupaten Serang segera merevisi Upah Minimum Kabupaten (UMK) Serang yang sebelumnya ditandatangai sebesar Rp 2.342.000 menjadi Rp 2.442.000 ribu. (Rmn/Mut)

[Baca juga: 100 Ribu Buruh Akan Mogok, Ancam Tutup Akses Tol dan Bandara]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini