Sukses

[VIDEO] Petani Cireundeu Gelar Upacara Tutup Tahun Sunda Saka

Upacara adat tersebut, sebagai rasa syukur warga terhadap sang pencipta yang telah memberikan limpahan rezeki di bidang pertanian.

Ratusan warga kampung Adat Cireundeu, Bandung, Jawa Barat, menggelar upacara adat tutup tahun Sunda Saka pada Minggu 1 Desember. Upacara adat tersebut, sebagai rasa syukur warga terhadap sang pencipta yang telah memberikan limpahan rezeki di bidang pertanian.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (2/12/2013), upacara adat tutup tahun Sunda Saka dilakukan ratusan warga dengan membawa hasil panen. Mereka pun mengelar acara itu di Bale Adat Cireundeu. Upacara adat Sunda Saka, kerap digelar setiap tahun. 

Sesepuh kampung adat Cireundeu, Kusnadi mengatakan upacara tutup tahun ini sebagai rasa syukur terhadap limpahan hasil panen yang diberikan Tuhan. Hasil bumi yang diperoleh warga Cireundeu, harus disyukuri dengan melaksanakan upacara adat tutup tahun Sunda Saka.

Kusnadi mengatakan, semua makanan yang disediakan merupakan sumbangan dari warga Cireundeu untuk dipersembahkan melalui upacara adat Sunda Saka. Upacara adat tersebut diharapkan dapat melestarikan budaya kampung adat Cireundeu. (Edo/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini