[VIDEO] Penuh Material Merapi, Normalisasi Sungai Dilanjutkan

Oleh Muhammad Ali pada 26 Nov 2013, 06:40 WIB
Diperbarui 26 Nov 2013, 06:40 WIB
normalisasi-131126a.jpg
Perbesar
Normalisasi sungai yang berhulu di Merapi, Sleman, Yogyakarta, kembali dilanjutkan. Proses normalisasi harus dilakukan karena kondisi sungai-sungai di lereng Merapi kembali dipenuhi material merapi.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (26/11/2013), setelah sempat terhenti akibat letusan freatik pada awal pekan kemarin, kini aktivitas penambangan pasir di sungai yang berhulu di Merapi terlihat kembali marak.

Pemkab Sleman pun langsung merekomendasikan dilanjutkannya proses normalisasi sungai di Lereng Merapi. Saat ini, sungai-sungai di Lereng Merapi kembali dipenuhi material berupa pasir dan batu. Penuhnya kembali sungai dengan material merapi ini menyusul tingginya curah hujan di Puncak Merapi.

Ancaman banjir lahar dingin Gunung Merapi memang harus terus diwaspadai karena di puncak Merapi hingga kini masih terdapat sekitar 70 juta meter kubik material sisa erupsi.

Jika diguyur hujan deras dalam waktu lebih dari 2 jam, bukan tidak mungkin material tersebut akan terbawa ke sungai-sungai di lereng Merapi. (Ali)