Sukses

Jokowi Jadi Mandor Pengerukan Kali Sunter

Kali Sunter yang terletak di kawasan Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, telah dalam proses pengerukan. Jokowi pun kembali jadi mandor.

Kali Sunter yang terletak di kawasan Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, tengah dalam proses pengerukan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mendatangi kali tersebut dan beraksi menjadi mandor proyek.

"Saya hanya ingin memastikan di lapangan ada barang (eskavator) dan mereka bekerja hingga selesai," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di pinggiran kali, Senin (25/11/2013).

Menurut dia, apa yang ia lakukan adalah bentuk dari manajemen kontrol. Dan itu harus dilakukan sebagai pengawalan terhadap proyek pengerukan Kali.

Apabila tidak mengontrol pengerjaan tersebut, maka ia tidak dapat mengetahui sejauh mana pengerukan sudah berjalan. Bahkan, tanpa pengawasannya secara langsung, pekerjaan keruk Kali bisa saja molor.

"Semua sungai kita terjunin dengan eskavator. Mereka bekerja itu harus merasa ada yang mengawasi. Kalau enggak dikontrol, gimana tau sudah sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak," kata mantan Walikota Surakarta itu.

Pantauan Liputan6.com, terdapat 2 eskavator yang sedang bekerja mengeruk Kali Sunter, salah satunya berjenis amphibi.

Idealnya, lebar kali tersebut 25 meter dengan jalan inspeksi di kiri dan kanannya. Pengerukan Kali Sunter dan kali lainnya harus selesai hingga tanggal 15 Desember 2013. Sebab, saat itu adalah waktu tutup anggaran untuk APBD 2013. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini