Tinjau Pengerukan, Jokowi Dikerumuni `Fans` di Kali Sunter

Oleh Andi Muttya Keteng pada 25 Nov 2013, 14:16 WIB
Diperbarui 25 Nov 2013, 14:16 WIB
jokowi-mookervart-131122c.jpg
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek langsung pengerukan Kali Sunter, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, pria yang akrab disapa Jokowi itu turun dari mobil Toyota Innova hitam dan melangkah turun ke pinggiran kali yang sedang dikeruk.

Sontak warga yang ada di seberang kali langsung berkumpul sambil menyoraki orang nomor 1 di DKI itu. Suasana pun menjadi riuh di tengah teriknya sinar matahari. Sebab, warga yang berdiri berjejer di sepanjang pinggiran kali tersebut tak henti-henti mengelukan nama Jokowi.

"Pak Jokowi! Pak Jokowi!" seru warga sambil melambaikan tangan beramai-ramai, Senin (25/11/2013) siang. Layaknya selebriti yang menjumpai penggemarnya, Jokowi lalu membalas lambaian tangan mereka sembari sesekali melihat kerja eskavator yang mengeruk Kali Sunter.

Mantan Walikota Solo itu kemudian melanjutkan pengecekan pengerukan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudi Siahaan. Setiap kali Jokowi berjalan ke pinggir kali, warga menyambutnya dengan seruan senang sambil memanggil-manggil Jokowi.

"Tadi sudah salaman. Tangan Pak Jokowi empuk, lembut," kata seorang ibu yang sempat bersalaman dengan Gubernur DKI itu dengan nada senang.

"Begini yang namanya pemimpin, langsung ketemu sama warganya. Hidup Pak Jokowi!" seru seorang warga lagi.

Pengerukan Kali Sunter merupakan bagian dari normalisasi kali dan saluran air di Jaktim. Kepala Seksi Perencanaan Tata Air Sudin PU Tata Air Jakarta Timur Wahyudianto mengatakan, sedikitnya ada 20 kali dan saluran penghubung yang jadi target normalisasi. (Ado/Sss)