Sukses

FPI Membubarkan Jemaat HKBP

Massa Front Pembela Islam dan warga menyerbu sebuah rumah mewah di kawasan Pasar Manggis, Jakarta Pusat, karena digunakan layaknya tempat ibadah oleh warga Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah rumah mewah di Jalan Raya Bogor Lama, Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Pusat, didatangi aktivis Front Pembela Islam (FPI), Selasa (6/4) malam. Langkah FPI ini didukung warga setempat karena kesal rumah tersebut digunakan untuk tempat ibadah oleh jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Massa FPI dan warga mulai mendatangi rumah tersebut sekitar pukul 20.00 WIB ketika sejumlah jemaat sedang menggelar peribadatan. FPI dan warga mengaku merasa keberatan karena rumah itu bukan tempat ibadah melainkan sebagai balai pertemuan.

Sumber SCTV menyebutkan, rumah mewah ini memang bukan untuk rumah ibadah. Tapi karena gereja di Jalan Jambu sedang dalam renovasi, sejumlah barang dipindahkan ke rumah tersebut. Hal inilah yang memicu kesalahpahaman bahwa rumah ini menjadi tempat ibadah tanpa izin.

Kendati begitu, massa FPI dan warga tetap meminta pemerintah setempat menyegel rumah tersebut karena telah disalahgunakan. Barang-barang seperti bangku dan meja sempat dikeluarkan warga dari dalam rumah. Massa juga sempat memecahkan kaca rumah dengan batu dan kayu.

Aksi massa tersebut berlangsung sekitar empat jam. Massa baru bisa dibubarkan setelah dua peleton polisi dari Polsek Setiabudi dan Polres Jakarta Pusat datang mengamankan lokasi. Untuk meredam amarah dan membubarkan kerumunan warga, polisi memasang garis polisi. Tak ada korban jiwa dalam aksi tersebut.(YYT/Satriana Budi dan Mohammad Guntur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini