Sukses

Masuk Destinasi Wisata Nasional, Buton Garap Film Budaya

Film yang diperankan putra-putri Buton bersama artis nasional ini rencananya akan ditayangkan di stasiun televisi nasional.

Pariwisata Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah masuk menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional dan menjadi tujuan wisata dunia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan Buton dalam daftar destinasi pariwisata nasional tersebut mulai tahun 2013.

Bupati Buton Syamsu Abdul Umar Samiun mengaku sudah menggandeng artis nasional Chaca Frederica, untuk mempromosikan berbagai obyek wisata dan kebudayaan Buton di tingkat nasional.

"Artis nasional itu saat ini tengah mempersiapkan pembuatan film bertema kebudayaan Buton dengan lokasi pengambilan gambar di beberapa objek wisata Kabupaten Buton, termasuk di dalam Benteng Keraton Buton di Kota Baubau," kata Syamsu di Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (23/11/2013).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Zainuddin Napa menjelaskan, rencananya film yang pemerannya sebagian diambil dari putra-putri Buton itu, akan ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional setelah selesai diproduksi.
    
"Kita harapkan, melalui film bertema kebudayaan Buton, kebudayaan Buton bisa terangkat ke permukaan dan menarik perhatian masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia," katanya.

Menurutnya, karena pariwisata Buton sudah masuk sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional maka mulai tahun 2013 ini, pengembangan pariwisata Buton sudah ditangani langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Zainuddin menambahkan, pada 30 November 2013 ini, tarian tradisional Buton akan mengisi acara malam pagelaran Seni Budaya pada Pameran Produksi Ekonomi Kreatif di Jakarta yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Ant/Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.