Sukses

KSAL Bentuk Tim Bangkai Kapal Nazi di Laut Karimunjawa

Kepala Staf TNI AL Laksamana Marsetyo memberikan perhatian serius atas temuan bangkai kapal peninggalan perang dunia ke II itu.

Temuan bangkai kapal selam Nazi yang berada di laut Karimunjawa menjadi perhatian serius TNI Angkatan Laut. Kepala Staf TNI AL Laksamana Marsetyo memberikan perhatian serius atas temuan bangkai kapal peninggalan perang dunia ke II itu.

"KSAL telah dilaporkan perihal penemuan bangkai kapal selam Jerman. TNI AL akan membentuk Tim untuk menggodok masalah ini," kata Dinas Penerangan TNI AL Lettu Azhar dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Kamis (21/11/2013).

Rencananya, TNI AL akan melibatkan unsur gugus armada timur untuk dilibatkan dalam tim ini. Kendati begitu, TNI AL belum bisa memutuskan untuk mengangkat bangkai kapal selam itu atau tidak.

"Saya belum bisa mengatakan apakah akan ada operasi pengangkatan bangkai kapal selam tersebut, semuanya masih proses. Tetapi intinya KSAL antusias terhadap madsalah bangkai kapal selam Jerman ini," ujar Azzhar.

Bangkai kapal selam yang diduga milik pasukan Nazi, Jerman ditemukan di laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Kapal tersebut dalam kondisi porak-poranda karena diduga terkena torpedo Amerika Serikat. Lokasi penemuan kapal ditempuh 10 jam perjalanan pelayaran dari Karimunjawa menuju arah timur.

Sejumlah benda-benda yang berhasil diangkat antara lain piring dengan logo Nazi, aki baterai, teropong, kacamata selam, pipa udara, penutup mulut, sepatu boot, kancing baju dengan logo jangkar, dan benda lainnya. Benda-benda yang diangkat itu dibawa ke Kantor Pusat Arkeologi Nasional di Pejaten, Jakarta Selatan. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.