Sukses

Dana Dipangkas DPR Rp 11 M, Bangkai Kapal Nazi Batal Diangkat

Pengangkatan bangkai kapal selam U 168 milik Nazi Jerman yang ditemukan di Karimunjawa ditunda.

Tim Peneliti Pusat Arkeologi Nasional belum dapat mengangkat bangkai kapal selam U 168 milik Nazi Jerman yang ditemukan di laut Karimunjawa, Jawa Tengah. Hal itu ternyata terkendala masalah anggaran penelitian yang diajukan Pusat Arkeologi Nasional.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Pusat Arkeologi Nasional, anggaran Pusat Arkeologi Nasional pada 2013 untuk penelitian dipangkas sebesar Rp 11 miliar oleh DPR.

Hal itu juga dibenarkan Kepala Bidang Program dan Kerja Sama Pusat Arkeologi Nasional, Priyatno Hadi, yang menyebut ada pemotongan anggaran penelitian pada 2013.

"Benar jumlahnya sekian, memang ada pemotongan, kami masih menunggu keputusan ketok palu dari DPR," kata Priyatno ketika dihubungi, Rabu (20/11/2013).

Priyatno menambahkan, kekurangan anggaran itu menjadi penyebab pengangkatan bangkai kapal tersebut ditunda hingga tahun 2015. "Karena kurangnya anggaran itu, pengangkatan kapal untuk diteliti baru bisa dilakukan pada 2015," tambah Priyatno.

Bangkai kapal selam yang diduga milik pasukan Nazi, Jerman ditemukan di laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Kapal tersebut dalam kondisi porak-poranda karena diduga terkena torpedo Amerika Serikat. Lokasi penemuan kapal ditempuh 10 jam perjalanan pelayaran dari Karimunjawa menuju arah timur.

Sejumlah benda-benda yang berhasil diangkat antara lain piring dengan logo Nazi, aki baterai, teropong, kacamata selam, pipa udara, penutup mulut, sepatu boot, kancing baju dengan logo jangkar, dan benda lainnya. Benda-benda yang diangkat itu dibawa ke Kantor Pusat Arkeologi Nasional di Pejaten, Jakarta Selatan. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini