Adu Mulut, Senator Ditikam Putranya

Oleh Tan pada 20 Nov 2013, 10:02 WIB
Diperbarui 20 Nov 2013, 10:02 WIB
creigh-deeds-131120b.jpg
Perbesar
Senator Virginia, AS, Creigh Deeds terlibat perselisihan dengan putranya. Adu mulut itu pun berujung pada tragedi.

Seperti dimuat CNN yang dilansir Liputan6.com, Rabu (20/11/2013), Creigh Deeds terbaring lemah di Rumah Sakit Charlottesville dengan beberapa luka tusukan pada Selasa 19 November malam waktu setempat. Sementara putra Creigh Deeds, Austin bunuh diri tak lama setelah menikam sang ayah.

Penikaman itu pertama kali diketahui oleh sepupu Creigh Deeds --calon gubernur dari Partai Demokrat pada 2009-- ketika sedang berjalan menyusuri jalan dekat rumahnya Selasa pagi.

"Ia melihat Deeds mengalami perdarahan dari beberapa luka tusukan di bagian kepala dan dadanya," ujar salah satu polisi negara bagian.

Lalu polisi negara bagian berdatangan ke rumah Deeds di Millboro, sekitar 150 km sebelah barat dari Richmond, kemudian menemukan Austin 'Gus' Deeds (putra Deeds) yang berusia 24 tahun dengan luka tembak," kata juru bicara Kepolisian Negara Virginia Corinne Geller.

Sayang, nyawa Austin tak bisa diselamatkan oleh polisi yang berdatangan ke rumahnya.

"Berdasarkan bukti yang kami miliki, kami melihat ini sebagai percobaan pembunuhan dan bunuh diri. Tidak ada orang lain di rumah pada saat perkelahian, dan penyidik ​​tidak mencari tersangka lainnya," kata Corinne.

"Sepupu Deeds menelepon 911 dan membawa senator ke sebuah peternakan di dekatnya, di mana helikopter diterbangkan ke University of Virginia Medical Center di Charlottesville," urai Corinne.

Atas kesigapan sepupunya, Deeds pun terhindar dari maut. "Kondisinya pada Selasa sore telah membaik dari kritis pada Selasa sore," ungkap juru bicara Deeds, Angela Taylor.

"Senator mampu berbicara dengan penyidik, baik sebelum ia diterbangkan ke rumah sakit dan setelahnya," tambah Corinne.

Deeds (55) dikenal di kalangan politik Virginia berasal dari Demokrat, ia mencalonkan diri sebagai Jaksa Agung pada tahun 2005 dan sebagai gubernur pada tahun 2009. Kedua momen itu dilakukan Deeds melawan rivalnya dari Partai Republik Bob McDonnell, yang kini Gubernur Virginia.

Menurut pernyataan dari sekolah, Austin memutuskan keluar dari College of William & Mary bulan lalu karena aktivitas perkuliahannya putus-nyambung sejak 2007.

Berdasarkan pemberitaan Richmond Times, Austin alias Gus telah diberi evaluasi kesehatan mental di bawah perintah penahanan darurat pada Senin 18 November. "Namun ia dibebaskan karena tidak ada ruangan untuk masalah kejiwaan di wilayah Virginia Barat," ungkap Dennis Cropper selaku direktur eksekutif Dewan Layanan Masyarakat di Area Rockbridge.

Terhadap laporan tersebut, Corinne menyatakan tidak bisa memberi komentar, karena terkait undang-undang privasi medis.

"Jelas, motif dan keadaan mutlak yang mengarah ke perkelahian ini merupakan fokus penelitian ini," ucap Corinne.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan sebuah organisasi pemberitaan lainnya, Dennis mengatakan tidak bisa mengomentari kasus tertentu. Namun Dennis menerangkan, jika seorang pasien sedang dalam masa penahanan darurat, maka seharusnya dapat dilakukan pemeriksaan selama 4 jam. Dan jika dokter menentukan mereka harus dirawat di rumah sakit, maka akan disediakan ruangan untuk proses tersebut.

"Dalam kondisi tertentu, perpanjangan 2 jam diberikan oleh seorang hakim. Tetapi dalam keadaan apapun, seseorang bisa ditahan lebih dari 6 jam di bawah ECO (urutan tahanan darurat). Kami meminta masyarakat menghormati privasi keluarga saat mereka berduka kehilangan anak dan saudara mereka," pinta Dennis.

Dukungan

Tragedi yang menimpa Senator Creigh Deeds menarik simpati banyak orang. Salah satunya Gubernur Virginia Bob McDonnell. Ia mengaku sangat sedih mendengar peristiwa yang menimpa mantan rivalnya itu.

"Dalam waktu yang sulit dan sangat sedih, pikiran dan doa kami untuk keluarga Deeds. Kabar dari pagi ini benar-benar menyedihkan," ucap McDonnell.

"Creigh Deeds adalah pelayan publik yang luar biasa dan selalu berkomitmen melakukan apa yang dia percaya terbaik bagi Virginia, dan memberikan semuanya untuk pelayanan publik. Dia sangat peduli Virginia, dan orang-orang Virginia sangat peduli padanya," sambung McDonnell.

Dukungan bagi Deeds juga ramai di Twitter. Terry McAuliffe --mantan rival Deeds dalam nominasi 2009 sebagai calon Gubernur Virginia dari Demokrat-- menulis ia dan istrinya Dorothy "berdoa untuk keluarga Deeds pada masa sulit ini".

Juga melalui Twitter, Senator AS Mark Warner menyebut penikaman itu adalah 'berita yang mecengangkan'. "Saya berdoa untuk @CreighDeeds dan keluarganya saat ini, pada masa yang sangat-sangat sulit," kicau Senator Mark. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya