Sukses

Hujan Lebat, 130 Rumah di Pesanggrahan Terendam

Intensitas hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta mengakibatkan meluapnya Kali Pesanggrahan dan merendam 130 rumah.

Intensitas hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta dan sekitarnya, mengakibatkan meluapnya Kali Pesanggrahan dan merendam sebanyak 130 rumah di 2 RT di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sejak Selasa 12 November pukul 21.00 WIB. Banjir setinggi paha orang dewasa itu melumpuhkan aktivitas 2 RT di kelurahan tersebut.

"Iya di RT 17, RT 19, RW 03 kebanjiran akibat kalinya meluap. Tapi yang paling parah di RT 19, di belakang RT 17 tepatnya, kita nggak bisa lihat karena di RT 17 nya banjir. Kalau di RT 17 itu sekitar 50 cm," kata Ketua RT 19 Suranto (48), di lokasi, Rabu (13/11/2013).

Pantauan Liputan6.com, 2 RT tersebut memang lokasinya berdekatan dengan Kali Pesanggrahan yang berhulu di daerah Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 72 rumah di RT 19 bahkan banjir mencapai ketinggian 100 cm, dan masih belum bisa dijangkau selain oleh perahu karet. Meskipun berbahaya, anak-anak warga setempat memanfaatkan banjir untuk bermain dan berenang.

Pihak RT setempat menyatakan, hujan yang terjadi di Jakarta tak serta merta menyebabkan Kali Pesanggrahan meluap.

"Ini biasa banjir kiriman, meskipun hujan terus-terusan kalau di Bogornya nggak hujan, itu nggak akan meluap begini kalinya. Kemarin saja disini cuma gerimis eh tiba-tiba meluap dan banjir kalinya," ujar Suranto.

Suranto menuturkan, walaupun banjir hampir mencapai atap rumah warganya, listrik masih berfungsi dengan baik. "Sementara listrik semua masih menyala ya," tandas Suranto.

Saat ini, warga yang rumahnya terendam sudah diungsikan ke Gedung Karang Taruna setempat yang lokasinya hanya beberapa puluh meter saja dari banjir, dan bantuan berupa bahan makanan, perlengkapan bayi, dan obat-obatan sudah berdatangan dari Dinas Sosial Jakarta Selatan dan pusta kesehatan kelurahan.

Sebanyak 48 balita, 10 lansia, 100 dewasa, dan 1 disabilitas 1 warga di Kelurahan Ulujami telah diungsikan karena luapan kali tersebut. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.