Sukses

Murid-murid SD `Barack Obama` Kunjungi KPU

Kurikulum terkait pemerintahan dan pemilu sudah didapat SDN 1 Menteng sejak kelas IV. Kunjungan ini merupakan acara rutin tahunan.

Belajar demokrasi memang harus ditanamkan sejak usia dini. Seperti yang dilakukan SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat. Rombongan sekolah tempat Presiden Amerika Serikat Barack Obama menuntut ilmu ini mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Jarak sekolah ini memang hanya beberapa ratus meter dengan kantor KPU. Sekitar 54 siswa kelas VI itu tampak antusias mengunjungi kantor KPU dengan berjalan kaki. Dengan membawa alat tulis mereka didampingi orangtua beserta wali kelasnya.

"Sangat penting mengajarkan langsung kepada anak-anak kami yang haus akan ilmu, termasuk tentang demokrasi dan pemilu," kata salah seorang guru SDN 01 Menteng, Ihal (42), di Kantor KPU, Senin (11/11/2013).

Ihal berujar, kurikulum terkait pemerintahan dan pemilu sudah didapat anak didiknya sejak kelas IV. Menurutnya, kunjungan seperti ini memang diagendakan setiap tahun.

"Pada sekolah kami penting untuk mendapatkan ilmu dari sumbernya, jika pelajaran pemilu ya langsung mendatangi KPU. Jadi bukan hanya belajar melalui buku pelajaran saja," ujar Ihal.

Ihal berharap, dengan belajar langsung di kantor KPU, semua anak didiknya yang berkunjung dapat memahami betul terkait penyelenggaraan dan pentingnya pemilu bagi mereka.

"Harapan guru tentunya anak-anak kami bisa tahu agar pemilu itu bermanfaat untuk demokrasi Indonesia. Karena setidaknya siswa-siswa kami sudah mendapatkan pelajarannya di sekolah," ucap Ihal.

Dalam acara kunjungan tersebut, para siswa melakukan simulasi tahapan pemilu seperti penetapan partai politik peserta pemilu dan pemungutan suara pada pemilu. Selain itu, para siswa juga diperkenalkan dengan semua komisioner KPU melalui foto yang terpampang di ruang sidang KPU.

Kedatangan mereka diterima langsung Biro Hukum dan Biro Komunikasi KPU. Namun kedatangan mereka tidak dapat menemui komisioner KPU, karena sedang melaksanakan tugas di luar kantor. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.