Sukses

<i>Sweeping</i> Buruh Pabrik di Pulogadung Memanas

Mereka memasuki pintu pagar pabrik, menggedor-gedornya kemudian berteriak-teriak.

Massa buruh terus melakukan sweeping karyawan pabrik di perusahaan-perusahaan yang berada di Kawasan Industri Pulogadung (KIP), Jakarta Timur. Massa buruh mendatangi satu per satu perusahaan untuk memastikan rekan buruh lainnya mengikuti aksi Mogok Nasional ini. Ketegangan sempat mewarnai jalannya aksi.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (31/10/2013) massa buruh dari depan pabrik PT Yamaha Music, bergerak mengelilingi sekitar 10 perusahaan di kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Jika masih ada pabrik yang beroperasi, mereka akan berhenti dan menggeruduknya. Para buruh yang masih bekerja diminta untuk berhenti dan bergabung dalam aksi itu.

Sempat terjadi ketegangan di PT Kemfood ketika massa mendapati masih ada buruh yang bekerja. Mereka memasuki pintu pagar pabrik, menggedor-gedor, kemudian berteriak-teriak. Massa menunggu hingga para buruh berhenti bekerja.

Sementara tak ada aparat kepolisian yang berjaga. Hanya ada petugas keamanan pabrik. Beruntung ketegangan berhasil diredam buruh lainnya. Setelah 10 menit, barulah situasi mencair.

Hingga kini jumlah massa mencapai 3.000 orang lebih. Rencananya, mereka akan berkumpul di Pintu 1 Kawasan Pulogadung, tepatnya di depan Pulogadung Trade Center (PTC).

Mereka akan bergabung bersama buruh dari Kawasan Berikat Nusantara Cakung. Dalam aksinya, para buruh menuntut kenaikan Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar 50 persen atau Rp 3,7 juta. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini