Sukses

[VIDEO] Cara Unik Seniman Berkurban untuk Idul Adha

Para seniman dari berbagai daerah di tanah air melukis bersama hewan kurban. Hasil penjualan karya mereka untuk membeli hewan kurban.

Beragam cara untuk berkurban merayakan Idul Adha. Para seniman dari berbagai daerah di tanah air melukis bersama hewan kurban. Hasil penjualan karya mereka akan digunakan untuk membeli hewan kurban.

Seperti tayangan Kilas Indonesia Liputan 6 Siang SCTV, Senin (14/10/2013), suasana berbeda ini terlihat di lokasi penjualan hewan kurban di Dusun Padasan, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak hanya ramai pembeli hewan kurban, puluhan seniman lukis dari berbagai daerah ini berkumpul. Mereka sibuk melukis hewan kurban di lokasi ini dengan berbagai aliran seni lukis.

Sejumlah karya indah pun lahir dari sekitar kandang hewan kurban. Ternyata inilah cara seniman menuangkan kreativitas sekaligus mengumpulkan dana untuk bisa ikut berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Di Solo, ratusan siswa menggelar pawai di Jalan Protokol, Solo, Jawa Tengah untuk mengampanyekan cinta kurban. Tidak lupa, mereka juga membawa serta hewan kurban berkeliling kota.

Setibanya di depan komplek Stadion Manahan, mereka membacakan ayat-ayat Al Quran tentang kewajiban berqurban bagi umat Islam.

Sementara di Garut, Jawa Barat, sejumlah siswa Sekolah Dasar belajar menyembelih hewan kurban. Domba-domba milik orang tua mereka dibawa ke sekolah untuk praktek menyembelih.

Didampingi guru, para siswa diajarkan cara menjatuhkan hewan, dengan mengikat kaki depan dan kaki belakang agar hewan tidak meronta-ronta. Mereka juga belajar doa untuk menyembelih hewan.

Dengan golok mainan mereka berlatih menyembelih hewan dengan teknik khusus agar tidak terlalu menyakiti hewan. Yaitu dengan mengumpulkan dan menyasar urat-urat khusus pada leher hewan yang disebut urat kematian. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini