Sukses

Jual Hewan Kurban di Taman, Ahok: Tahun Depan, Nggak Boleh Lagi

Ini kata Wagub DKi Ahok menanggapi kandang kambing di taman dan trotoar.

Jelang Lebaran Haji pada pekan depan atau tepatnya pada 15 Oktober, mulai menjamur pedagang-pedagang hewan kurban di berbagai sudut ibukota. Tidak sedikit yang membuka lapak kandang kambing di trotoar atau pun di taman. Salah satunya kandang kambing di atas Taman Sunter, Jakarta Utara.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan para pedagang hewan kurban itu diberi toleransi untuk tahun ini. Dengan syarat, lapak atau kandang kambing tersebut tidak sampai menutup jalan.

"Pak walikota bilang, kalau Anda sampaikan, udah terlanjur dagangan mereka dibeli. Asal tidak masuk ke jalan," ujar Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Namun, ia menegaskan, tahun depan Pemprov DKI akan melarang tegas para pedagang hewan kurban membuat lapak kandang kambing di trotoar dan taman. Sebab, hal itu merusak pemandangan, menganggu ketertiban pejalan kaki, serta bisa merusak taman.

Ahok menyatakan, pelarangan tersebut akan ditangani masing-masing walikota. Selain itu, para lurah dan Satpol PP juga harus turut membantu menjaga, agar tidak ada lagi kandang kambing bermunculan di public area.

"Tahun depan udah nggak boleh lagi. Udah ada perjanjian. Nggak boleh lagi. (Tugas) di walikota," kata mantan bupati Belitung  Timur itu. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.