Sukses

Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo Siap Dioperasikan

Pengoperasian KA Komuter buatan PT Inka Madiun itu diresmikan Presiden Megawati, 9 Februari mendatang. Pengoperasian Komuter ini tak ditunjang dengan fasilitas umum lainnya, seperti jembatan penyeberangan.

Liputan6.com, Surabaya: Untuk kedua kalinya, Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menguji coba pengoperasian Kereta Api Komuter yang akan melayani trayek Surabaya-Sidoarjo, Jatim, Rabu (4/2) pagi. Rencananya, pengoperasian Komuter diresmikan Presiden Megawati Sukarnoputri pada 9 Februari mendatang. KA Komuter buatan PT Industri Kerata Api Madiun, Jatim ini akan digerakkan dengan lokomotif kereta diesel dan membawa enam gerbong.

Pembuatan Komuter ini memang untuk menangani kepadatan arus lalu lintas dari Surabaya hingga Sidoarjo. Jalur sepanjang 26 kilometer itu akan dilalui Komuter dengan sembilan halte persinggahan, seperti Stasiun KA Wonokromo. Sayangnya, pengoperasian Komuter ini tak ditunjang dengan fasilitas umum lainnya, seperti jembatan penyeberangan. Dikhawatirkan keberadaan Komuter itu justru akan menambah keruwetan transportasi di Kota Pahlawan [baca: Busway Resmi Beroperasi].

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, dana sebesar Rp 14,7 miliar untuk membuat KA Komuter ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Tarif KA komuter kemungkinan sekitar Rp 2.000 per orang. Mengenai sarana penunjang seperti jembatan penyeberangan, saat ini Pemkot Surabaya masih menunggu cairnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2004. Anggaran dana penunjang sarana KA komuter sekitar Rp 959 juta. Jumlah anggaran tersebut hanya untuk satu titik halte Komuter dan jembatan penyeberangan di kawasan Jemursari.(DEN/Bambang Ronggo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini