Sukses

[VIDEO] `Paparazzi` Pantau Warga Kebon Bawang Buang Sampah

Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara, punya cara untuk mencegah aksi buang sampah sembarangan, yaitu dengan memotret pelaku.

Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi proyek percontohan pencegahan kebiasaan buang sampah sembarangan di Ibu Kota. Caranya adalah dengan memotret setiap warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan sebagai bahan teguran.

Dua pegawai Kelurahan Kebon Bawang tampak berdiri di pinggir jalan sambil membawa kamera foto. Layaknya `paparazzi`, mereka adalah bagian dari tim pemotret warga yang membuang sampah sembarangan, khususnya di aliran sungai.

Program ini telah berlangsung sebulan terakhir. Anggota Satpol PP juga ditempatkan di sejumlah titik tempat warga sering membuang sampah. Pengawasan ini berlangsung selama 24 jam.

"Titik rawannya ada 3, terutama di depan puskesmas. Jalan besar sebenarnya, tapi itu tempat orang buang sampah," ujar Makmun, Lurah Kebon Bawang, dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (7/10/2013) petang.

Dengan adanya bukti foto diharapkan memberi efek jera bagi warga yang kedapatan buang sampah sembarangan. Sayangnya, teguran diberikan hanya saat oknum warga tengah mengurus surat-surat di kelurahan. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.