Sukses

[VIDEO] Hari Batik Nasional, Ratusan Siswa SD Membatik Massal

Meski tangan mereka sering terkena malam atau lilin batik yang menetes panas dari canting, para siswa umumnya tak putus asa.

Tanggal 2 Oktober telah dicanangkan pemerintah sebagai Hari Batik Nasional. Demi mengakrabkan generasi muda pada seni batik, ratusan siswa sekolah dasar turut serta belajar membatik di Museum Empu Tantular yang berada di Kecamatan Buduran Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, (Rabu (2/10/2013), meski masih tergolong belia antusiasme para siswa sekolah dasar ini terhadap warisan budaya Indonesia berupa batik patut diacungi jempol. Dengan sabar, para siswa-siswi SD Muhammadiyah Surabaya ini menggerakkan canting pada  sehelai kain yang telah diberi motif tertentu.

Meski tangan mereka sering terkena malam atau lilin batik yang menetes panas dari canting, para siswa umumnya tak putus asa.

Menurut wakil kepala sekolah bagian kesiswaan SD Muhammadiyah Pucang Surabaya, kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Batik serta sebagai bentuk pengenalan sejak dini terhadap siswanya akan pentingnya melestarikan warisan budaya bangsa.

Tanggal 2 Oktober dicanangkan sebagai Hari Batik Nasional setelah pada 2 oktober 2009  dunia melalui badan PBB untuk kebudayaan Unesco menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang berasal dari Indonesia. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini