Sukses

Ahok Usulkan Semua RSUD Jakarta Naik Kelas Jadi Tipe A

RSUD yang akan dijadikan tipe A itu di antaranya RSUD Tarakan, RSUD Bumi Asih, RSUD Pasar Rebo, RSUD Cengkareng, dan RSUD Koja.

Pemprov DKI berencana meningkatkan tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta menjadi Tipe A agar memiliki kemampuan pelayanan kesehatan yang lebih memadai. Hal tersebut untuk mendukung program Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Kita mau naikkan tarif RSUD kita, mau jadikan RSUD kita (Jakarta) tipe A. Semua. RS Khusus kan sudah ada tipe A," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota DKI Jakarta, Senin (23/9/2013).

RSUD yang akan dijadikan tipe A itu di antaranya RSUD Tarakan, RSUD Bumi Asih, RSUD Pasar Rebo, RSUD Cengkareng, dan RSUD Koja yang umumnya masih termasuk rumah sakit tipe B dengan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis secara terbatas.

Kemudian, sambung pria yang akrab disapa Ahok itu, puskesmas kecamatan di DKI Jakarta yang umumnya hanya menyediakan pelayanan kesehatan dasar, juga akan dinaikkan tipenya menjadi RSUD tipe D yang dapat memberikan pelayanan kedokteran umum dan gigi.

"Kalau sudah bisa naik ke A, swasta juga naik ke A. Otomatis yang mau kerjasamanya (KJS) lebih banyak. Orang bisa berobat di mana saja gampang," kata politisi Partai Gerindra itu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati, perubahan tipe rumah sakit harus didasarkan dengan jumlah dokter spesialis, ruang pemulasaran jenazah, tempat tidur, alat-alat kesehatan, dan lain sebagainya. Kemudian diajukan ke Kementerian Kesehatan, dan bila memenuhi syarat, rumah sakit tersebut akan segera naik tipe. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini