Sukses

[VIDEO] Kursi Roda Canggih Buatan UGM, Digerakkan Ekspresi Wajah

Kursi roda yang dibuat 5 mahasiswa UGM ini diberi nama Gama Kuda atau Gajah Mada kursi roda.

Canggih, 5 mahasiswa Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, membuat kreasi kursi roda yang bisa dikendalikan dengan ekspresi wajah. Kursi roda ini diberi nama Gama Kuda atau Gajah Mada kursi roda.

Liputan 6 SCTV, Minggu (22/9/2013) memberitakan, dengan kursi roda ini, kaum difabel yang menderita kekurangan fisik motorik tak perlu lagi meminta pertolongan orang lain untuk mendorong dan menjalankan kursi rodanya.

Gama Kuda ini dilengkapi dengan peralatan komputer dan sistem penggerak. Tak hanya itu, peralatan lain yang disebut E-E-G atau Electro Encephalography juga dipasangkan oleh pengguna kursi roda. Alat tersebut merupakan rangkaian elektroda yang bisa mendeteksi gelombang otak melalui gerakan kulit kepala. Lanjut, gerakan itu kemudian diterjemahkan oleh sistem komputer dan menjadi perintah bagi mesin penggerak di kursi roda.

Dengan begitu, si pengguna hanya dengan mimik atau ekspresi wajah tertentu, kursi roda bergerak seperti yang diinginkan. Kedip mata kanan untuk kursi roda belok kanan, kedip mata kiri untuk belok kiri, angkat alis untuk jalan lurus dan tersenyum untuk mundur.

Kursi roda canggih karya lima mahasiswa UGM jurusan elektronika dan instrumentasi ini mendapatkan penghargaan berupa medali perak dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional ke 26 tahun 2013 di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Mereka pun berharap agar teknologi ini dapat dikembangkan dan membawa manfaat bagi warga difabel. (Mhs/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.