Sukses

Foke Lolos Jadi Dubes Jerman, Jokowi Belum Ucapkan Selamat

Setelah menjalani fit and proper test sebagai calon dubes Jerman di Komisi I DPR, Foke dinyatakan lolos.

Setelah menjalani uji kelayakan selama 3 hari berturut-turut oleh Komisi I DPR RI, mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akhirnya lolos dalam seleksi Calon Duta Besar. Dengan demikian dalam waktu dekat, Foke, sapaan Fauzi Bowo akan menjabat Duta Besar Indonesia untuk Jerman.

Menanggapi hal itu, penerus Foke di Pemprov DKI Jakarta Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi mengaku senang atas terpilihnya Foke. Ia menilai Foke layak dan pantas mengisi posisi Dubes Jerman

"Saya dari awal sudah mendukung penuh. Beliau memang punya kapasitas. Lama tinggal di sana, sekolahnya pun di sana. Jadi beliau sangat menguasai," ujar Jokowi di Hotel JW Marriot, Kamis (19/9/2013).

Karena itu, Jokowi pun yakin, Foke, yang menjadi pesaing terberatnya saat Pilgub tahun lalu itu dapat mengemban tugas barunya nanti dengan baik.

"Beliau sangat menguasai jaringan di sana, dan saya rasa beliau mampu," ucap Jokowi.

Apakah dirinya akan mengucapkan selamat kepada Foke setelah lolos sebagai Dubes? Politisi PDIP ini mengaku baru akan memberi selamat setelah Foke resmi dilantik sebagai dubes Jerman.

"Ya paling nanti. Telepon kan bisa, tapi kalau sudah dilantik, ini kan belum dilantik," tukas Jokowi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini