Sukses

2 Helikopter Apache Tiba di RI Tahun 2014

Total akan ada 8 unit Apache yang akan memperkuat kekuatan tempur TNI Angkatan Darat pada 2017.

TNI Angkatan Darat akan menambah armada tempurnya. Sebanyak 2 helikopter akan didatangkan ke Indonesia pada 2014. Total akan ada 8 unit Apache yang akan memperkuat kekuatan tempur TNI Angkatan Darat pada 2017.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman menyatakan saat ini pihaknya telah menandatangani kontrak pembelian dengan pejabat pengadaan dari Amerika Serikat.

"Jumlah keseluruhan sebanyak 8 unit Apache. Harga keseluruhannya saya tidak terlalu hapal. Tahap pertama US$ 500 juta, dan akan kita tambah," kata Budiman di Makopassus, Rabu (11/9/2013).

Dari jumlah itu, diharapkan 2 unit sudah dapat dihadirkan pada 2014 mendatang. Gunanya untuk pelatihan bagi para prajurit penerbang. Sementara akan terpenuhi seluruhnya pada 2017.

Apache yang dipesan sudah ditambah dengan longbow radar. Teknologi itu memungkinkan Apache mendeteksi musuh dari jarak yang sangat jauh.

"Sehingga kita bisa menembak musuh tanpa harus melihat visual musuh, kita bisa tembak sasaran-sasaran musuh dengan jarak lebih dari 50 km," jelas Budiman. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini