SBY Wacanakan Pindah Ibukota, Nih Tanggapan Jokowi

Oleh Luqman Rimadi pada 09 Sep 2013, 15:33 WIB
Diperbarui 23 Jan 2017, 11:34 WIB
jokowi-130909b.jpg

Wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke kota lain yang telah berhembus lama kini kembali diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Untuk membahas hal tersebut, SBY kini telah membentuk tim kecil.

Menanggapi rencana ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tak mengerti bagaimana mekanismenya apabila status ibukota Jakarta dicabut dan dipindah ke daerah lain.

"Saya belum ngerti kok anunya seperti apa, dipindah ke mana? Yang pindah hanya kantornya presiden saja atau semua kantor kementerian. Saya nggak ngerti, jangan tanya ke saya. Tanyanya kok ke saya, emang saya yang pengen mindah (ibukota)?" cetus Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (9/9/2013).

Jokowi menegaskan, dirinya enggan mengomentari rencana pemindahan ibukota. Sebab rencana pemindahan ibukota sejak awal memang diwacanakan pemerintah pusat.

"Itu kan keputusan nasional, kalau memang sudah diputuskan. Yang di sini kita akan berhitung kembali mengenai perencanaan. Tapi kalau diputuskan ya segera diputuskan," ujar Jokowi

Mantan Walikota Solo itu sendiri juga mengaku belum tahu rencana SBY membentuk tim untuk menggodok wacana pemindahan ibukota. Juga belum ada pihak istana atau utusan SBY yang menyampaikan wacana tersebut. "Belum ada, saya belum dengar," tutup Jokowi. (Riz/Sss)