Sukses

SBY Wacanakan Pindah Ibukota, Nih Tanggapan Jokowi

Wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke kota lain yang telah berhembus lama kini kembali diangkat Presiden SBY. Apa tanggapan Jokowi?

Wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke kota lain yang telah berhembus lama kini kembali diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Untuk membahas hal tersebut, SBY kini telah membentuk tim kecil.

Menanggapi rencana ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tak mengerti bagaimana mekanismenya apabila status ibukota Jakarta dicabut dan dipindah ke daerah lain.

"Saya belum ngerti kok anunya seperti apa, dipindah ke mana? Yang pindah hanya kantornya presiden saja atau semua kantor kementerian. Saya nggak ngerti, jangan tanya ke saya. Tanyanya kok ke saya, emang saya yang pengen mindah (ibukota)?" cetus Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (9/9/2013).

Jokowi menegaskan, dirinya enggan mengomentari rencana pemindahan ibukota. Sebab rencana pemindahan ibukota sejak awal memang diwacanakan pemerintah pusat.

"Itu kan keputusan nasional, kalau memang sudah diputuskan. Yang di sini kita akan berhitung kembali mengenai perencanaan. Tapi kalau diputuskan ya segera diputuskan," ujar Jokowi

Mantan Walikota Solo itu sendiri juga mengaku belum tahu rencana SBY membentuk tim untuk menggodok wacana pemindahan ibukota. Juga belum ada pihak istana atau utusan SBY yang menyampaikan wacana tersebut. "Belum ada, saya belum dengar," tutup Jokowi. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini