Sukses

FBR Jaga Waduk Ria Rio, Kepala Satpol PP: Mereka Kawan

"Ormas-ormas ini kan kawan kita juga, kalau dikomunikasikan nanti beliau-beliau itu akan mengerti."

Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta Timur, dijaga massa dari Forum Betawi Rempug (FBR). Satpol PP tidak mempermasalahkan adanya penjagaan itu. Satpol PP yakin ormas itu untuk menghalangi relokasi yang dilakukan oleh anak buahnya.

"Ormas-ormas ini kan kawan kita juga, kalau dikomunikasikan nanti beliau-beliau itu akan mengerti," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (9/9/2013).

Kukuh pun yakin, bila penertiban dilakukan maka tidak akan terjadi bentrok antara Satpol PP dan para anggota FBR. Penertiban itu mempunyai tujuan yang baik, maka FBR tidak akan menghalang-halangi upaya tersebut.  "Kalau tujuan kita kan baik, nanti beliau-beliau (FBR) akan bantu kita juga," kata dia.

Lalu, bila penghadangan dilakukan oleh ormas, apakah pihaknya tetap akan melakukan penertiban? Kukuh tak mau menjawab.

Satpol PP tetap akan mengedepankan cara-cara dialogis dan menghindari kekerasan. "Ya kita nggak bilang akan berhadapan dengan ormas, tapi kami tetap lakukan sesuai dengan aturan yang berlaku," kata dia.

Beberapa hari lalu, sekitar 500 orang anggota FBR mendatangi kawasan Waduk Pluit, tidak hanya menolak relokasi warga dari wilayah tersebut, FBR juga hadir memberikan dukungannya pada keluarga mantan wakil presiden Adam Malik yang menganggap lahan yang ditempati oleh warga adalah milik mereka dan bukan milik PT Pulomas Jaya. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini